EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN FIKIH (TEMA HAJI DAN UMROH) PADA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MASA PANDEMI COVID – 19 DI SERANG BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v9i1.6237Kata Kunci:
hasil belajar, pembelajaran daring, pandemic covid 19Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring mata pelajaran fikih (tema haji dan umroh) pada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada masa pandemi COVID – 19 di MTs. Al-Hidayah Serang Banten. Terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia berdampak pada dunia pendidikan. Salah satu untuk mencegah penyebarannya, masyarakat dilarang berkerumun, tetap tinggal di rumah, hal ini berdampak pada peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, diperlukan ada kegiatan belajar yang efektif pada situasi masa pandemi ini. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal sesuai yang diharapkan, maka dibutuhkan cara pembelajaran yang efektif sesuai dengan kondisi peserta didik. dalam hal ini kegiatan belajar mengajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 adalah pembelajaran daring (online). Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Kuantitatif Deskriptif, adapun hasil penelitian ini menunjukkan : Efektifitas Model Pembelajaran Daring mata pelajaran Fikih terhadap peningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar siswa pada masa pandemi COVID – 19 di MTs Al-Hidayah Ciomas sangat efektif yang memiliki kontribusi variabel X terhadap variabel Y1 sebesar 72, 9 % dan variabel X terhadap variabel Y2 sebesar 82,8 %.,
Unduhan
Referensi
Ajat Rukajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Rearch Approach. Yogyakarta: Deepublih , Cet. 1, Oktober 2018, n.d.
Akhsanul In’am & Latipun. New Normal Kajian Multidisiplin. Malang 2020: Psycology Forum Cet I, n.d.
Albert Efendi Pohan. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung cet 1 juni 2020, n.d.
Apud Apud. Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta Di Kota Serang. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1), 62-79, 2020, n.d.
Asep Firmansyah. Corona Dan Nasib Pendidikan Indonesia. Aceh: Syiah Kuala University Press, Volume : I , Cet. Pertama, Juni 2020, n.d.
Badrudin. Spiritualitas Amaliah Ibadah Haji. Serang: A-Empat Puri Kartika Banjarsari C1/1 Serang 42123,Cet. 1, Mei 2018, n.d.
Darmadi. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Depublish 2017, n.d.
Eko Budiarto. Metodologi Penelitiam Kedokteran Sebuah Pengantar. Jakarta: Buku Kedokteran BGC Cet. 1, 2004, n.d.
Harinaldi. Prinsip-Prinsip Statistik Untuk Teknik Dan Sains. Jakarta: Erlangga, Juni 2005, n.d.
Hikmat, Dkk. Jurnal Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, n.d.
Hunainah. Problems of Blended Learning in The Pandemic Covid-19: Psychological Overview. Related articles All 4 versions 2021, n.d.
I Ketut sudarsana dkk. Covid-19 Perspektif Pendidik. Yayasan kita Menulis cet 1 2020, n.d.
Lukmanul Hakim. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2010.
Meda Yulyani dkk. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori Dan Penerapan. Yayasan kita Menulis, Cet. I Agustus 2020, n.d.
Morissan. Statistik Sosial. Jakarta: Kencana, Cet. ke 1 Oktober 2016, n.d.
Muhajir Muhajir. Al-Qur’an Dan Pendidikan Anak. Islamic Education Department Postgraduate Programs UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Vol. 4 No. 1 Juni 2017, n.d.
Muri Yusuf. Metde Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, Cet. IV, 2017, n.d.
Nikolaus Duli. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublih , Cet. 1, Desember 2019, n.d.
Nureza Fauzyah. Dampak Covid -19 Terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Jurnal Al- Mau’izzhoh, vol :, No. 2 November 2020, n.d.
Riandaka Rijal HR dkk. Sistem Pelajaran Daring (E-Learning) Dengan Perekomendasian Materi Kursus Menggunakan Metode Collaborative Filtering Dan Mae. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, Cet I 2020, n.d.
Rini Mastuti dkk. TEACHING FROM HOME : Dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar. Yayasan kita Menulis cet 1 2020, n.d.
Sigit Nugroho. Dasar-Dasar Metode Statistika. Grasindo, n.d.
Sugiyono. Metode Penelitian, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2013, n.d.
Syaiful Bahri Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, n.d.
Syaiful Sagala. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta 2011, n.d.
Taufiq Hidayat Siregar Dkk. Kontribusi Surat An-Nahl Terhadap Metode Pendidikan. Pasca UIN Sumatra Utara, AT-TAZAKKI : Vol. 2 No. ! Januari-Juni 2018, n.d.
Turmudi dan Sri Harini. Metode Statistika: Pendekatan Teoritif Dan Aflikatif. Malang: UIN MALANG PRESS, 2008, n.d.
Ummu Sholihah dkk. Kuliah Dari Rumah Dinamika Pembelajaran Di Era Covid-19. eduvision, Juli 2020, n.d.
Vivi Herlina. Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo 2019, n.d.





