PERGESERAN KURIKULUM

Analisis Pemikiran Para Ahli Pendidikan

Authors

Abstract view: 4393 times | PDF downloads: 2687 times

Abstract

Perdebatan seputar pergeseran kurikulum menarik, ketika dua kubu yang berbeda saling mempertahankan pendapatnya masing-masing, yang pertama mengatakan bahwa pergeseran kurikulum dipengaruhi oleh faktor ideologi (agama), ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan intern pendidikan itu sendiri. Kedua, berargumen bahwa pergeseran kurikulum dipengaruhi faktor politik, bahkan struktur politik itu sendiri masuk dalam pendidikan. Dengan demikian, tidak dapat dipungiri bahwa  perubahan, pergeseran, inovasi dan perkembangan kurikulum syarat dengan muatann politis. Hal ini terjadi tidak hanya di negara Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Para ahli pendidikan sepakat, ketika menginginkan kurikulum yang ideal dan kuat, diperlukan konsep dan teori yang matang, dengan tidak menafikan faktor-faktor yag mempengaruhi, walaupun sebenarnya yang dominan itu faktor kurikulum. Disisi lain, perlu diperhatikan bahwa tidak hanya perubahan kurikulum yang dibidik oleh para ahli pendidikan, tetapi yag lebih penting adalah pengembangan kurikulum, karena sifat kurikulum yang mendasar adalah dinamis. Dengan pengembangan maka, kurikulum yang ada akan terus disempurnakan menjadi kurikulum yang lebih baik.

Keywords:

Pergeseran, Perubahan, Inovasi, Pengembangan, Politis

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-12-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>