AL-QUR’AN DAN PENDIDIKAN ANAK

Authors

Abstract view: 631 times | PDF downloads: 493 times

Abstract

Kesimpulan besar tulisan ini adalah bahwa pendidikan anak perspektif al-Qur’an sangat ideal konsepnya. Karena mempunyai fungsi dan tujuan yang memandang manusia secara utuh baik jasmani, rohani, akal pikiran maupun perannya di masyarakat. Keutuhan ini akan memanifestasikan ketauhidan yang luhur, budi pekerti yang mulia, rasa hormat yang tinggi, serta ketunduk dan patuhan kepada Allah yang sangat pada diri anak. Sehingga menjadi makhluk yang memenuhi kriteria abdun dan khalifah yang sempurna di muka bumi ini. Kesimpulan besar ini didukung oleh teori-teori yang kuat, yakni teori secara internal dari al-Qur’an sebagai sumber ajaran, dan teori dari para ahli pendidikan anak, seperti Abdullah Nashih Ulwan, Fadhil al-Jamali, dan Al-Ghazali.

 

Pembahasan al-Qur’an dan Pendidikan Anak ini menggunakan metode content analysis dan komparasi teori dari para ahli pendidikan Islam. Content analysis digunakan dalam menganalisis isi dari ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan anak. Dalam menganalisis ayat-ayat tadi menggunakan pendekatan edukatif, teologis dan filosofis. Ketiga pendeatan ini, merupakan keharusan adalah dalam konteks tafsir, karena memahami ayat-ayat al-Qur’an. Metode komparasi, berfungsi membandingkan antar konsep menurut para ahli pendidikan Islam dalam menganalisis pendidikan anak.

 

Adapun referensi utama dalam pembahasan tulisan ini merujuk pada Ahmad Mustafa Al-Maraghi, Tafsir Al-Maraghi, Muhammad Jalaludin al-Qoshimi, Tafsir al-Qoshimi, Imam Jalaludin bin Abi Bakar as-Syutuhi, al-Jami’ush Shaghir, dan Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam (Pendidikan Sosial Anak) (tarbiatul-aulad’Islam), dan referensi-referensi penunjang lainnya.

Keywords:

Pendidikan Anak, Al-Qur'an

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-07

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>