PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI PERGAULAN REMAJA
Studi di MAN 2 Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4799Kata Kunci:
Model Pembelajaran Multiliterasi, Aqidah Akhlak, Pergaulan RemajaAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Monotonnya pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak, masih banyaknya peserta didik yang belum mengimplementasikan mata pelajar aqidah akhlak khususnya materi pergaulan remaja ini dalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran aqidah akhlak materi pergaulan remaja memiliki kompetensi dasar (KD) yang seharusnya dipahami dan diterapkan oleh siswa-siswi Madrasah. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengambangan dan keefektifan model pembelajaran multiliterasi pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pergaulan remaja di MAN 2 Kota Serang. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengukur keefektifan produk model pembelajaran multiliterasi pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pergaulan remaja di MAN 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reasearch and Development atau penelitian pengembangan menggunakan langkah-langkah Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Validasi ahli yang dilakukan oleh dua orang ahli yaitu, ahli desain pembelajaran dan ahli materi. Mendapat predikat “baik”. Kemudian, pada saat uji coba produk di lapangan yang peneliti lakukan secara online, terdiri dari angket, tes skala kecil dan tes skala besar. Dengan hasil sebagai berikut mendapat predikat “Baik”. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pengembangan model pembelajaran multiliterasi pada mata pelajaran aqidah akhlak materi pergaulan remaja telah berhasil dikembangkan melalui prosedur penelitian yang didasari oleh model pengembangan R&D dan mengacu pada langka-langkah penelitian menurut Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahapan.





