RELEVANSI POSITIVISME AUGUSTE COMTE DALAM KEMAJUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MODERN

Authors

  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Silfia Hanani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Ramadhoni Aulia Gusli Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Keywords:

Positivism, Auguste Comte, Modern Education.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis relevansi pemikiran positivisme Auguste Comte dalam mendukung kemajuan sistem pendidikan islam modern. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) untuk mengeksplorasi relevansi positivisme Auguste Comte dalam kemajuan sistem pendidikan islam modern. Metode ini melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis literatur yang relevan, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan artikel dari sumber tepercaya yang membahas positivisme, pemikiran Auguste Comte, serta penerapannya dalam pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa positivisme yang dikembangkan oleh Auguste Comte mempengaruhi pendidikan Islam modern dengan menekankan pengukuran dan evaluasi berbasis data, yang terlihat dalam kurikulum berbasis kompetensi. Teknologi seperti Learning Management Systems (LMS) mendukung pendekatan ini, memungkinkan evaluasi belajar yang lebih akurat dan berbasis bukti. Namun, pendekatan positivistik dikritik karena mengabaikan aspek sosial dan emosional, yang juga penting dalam pembentukan karakter siswa. Fokus berlebihan pada aspek kognitif dapat mengurangi penekanan pada nilai moral dan keterampilan sosial yang sulit diukur secara kuantitatif. Banyak institusi pendidikan kini menggabungkan pendekatan positivistik dengan metode humanistik untuk mendukung perkembangan karakter dan keterampilan sosial, menciptakan pendidikan yang lebih seimbang dan holistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, M., Zakir, S., Gusli, R. A., & Fuad, R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI dalam penulisan tugas mahasiswa pascasarjana. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 219–228.

Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(2), 27–35.

Biesta, G. (2015). Good education and the teacher: Reclaiming educational professionalism. In Flip the System (pp. 79–90). Routledge.

Bourdieu, P., & Wacquant, L. J. D. (2019). Epilogue: on the possibility of a field of world sociology. In Social theory for a changing society (pp. 373–387). Routledge.

Christia, A., Hadi, A. S., Febriana, A., Budihardjo, A., Wiradarmo, A. A., Elfriede, D. P., Ardianto, E., da Silva, E. N., Sari, F., & Kusumadewi, F. N. (2024). Kecerdasan Buatan: Arah dan Eksplorasinya. Prasetiya Mulya Publishing.

Comte, P. M. A. (2009). An Intellectual Biography. Vol. III. NY.

Fadli, M. R. (2021). Hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan dan relevansinya di era revolusi industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130–161.

Garrison, J. W., Neubert, S., & Reich, K. (2012). John Dewey’s philosophy of education: An introduction and recontextualization for our times. Springer.

Good, T. L., & Lavigne, A. L. (2017). Looking in classrooms. Routledge.

Khoiruddin, M. (2018). Pendidikan Islam tradisional dan modern. TASYRI’: JURNAL TARBIYAH-SYARI’AH ISLAMIYAH, 25(2), 92–105.

Laski, H. (2017). The state in theory and practice. Routledge.

Laurillard, D. (2013). Teaching as a design science: Building pedagogical patterns for learning and technology. Routledge.

Macionis, J. J., & Gerber, L. M. (2018). The sociological perspective. Sociology, 29–54.

Nursiah, N. (2024). Revitaliasi Identitas dan Moralitas Pelajar Era 5.0 Melalui Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 69–90.

Ritzer, G., & Stepnisky, J. (2017). Sociological theory. Sage publications.

Sanusi, A. (2023). Pembaharuan Strategi Pendidikan. Nuansa Cendekia.

Sayyi, A. (2017). Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Azyumardi Azra. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 20–39.

Silfia, H. (2013). Sosiologi Pendidikan Keindonesiaan. Ar-Ruzz Media.

Sofiatul Maola, P. (2021). Relevansi Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun dalam Menciptakan Profesionalisme Tenaga Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1672.

Supardan, H. D. (2024). Pengantar ilmu sosial: Sebuah kajian pendekatan struktural. Bumi Aksara.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75–89.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.

Willman, M. D. (2022). Stanford Encyclopedia of Philosophy. Stanford University Press.

Published

2024-12-27