IMPLIKASI TEORI TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SMAN 5 PAYAKUMBUH

Authors

  • Fatma Sari Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Silfia Hanani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Susanda Febriani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Keywords:

Implications, Social Action Theory, Max Weber, Education Management.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan teori tindakan sosial Max Weber dalam manajemen pendidikan di SMAN 5 Payakumbuh dan memahami bagaimana teori ini dapat mengoptimalkan kualitas pembelajaran serta pembentukan karakter siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menggali implikasi teori tindakan sosial Max Weber dalam manajemen pendidikan di SMAN 5 Payakumbuh. Pendekatan kualitatif dipilih karena memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap aspek-aspek tindakan sosial yang diterapkan dalam lingkungan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMAN 5 Payakumbuh berhasil mengintegrasikan berbagai bentuk tindakan sosial dalam manajemen pendidikannya untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik. Penerapan tindakan rasional-instrumental mendukung disiplin dan tanggung jawab akademik, sementara tindakan rasional-nilai membangun siswa berkarakter dan peduli sosial. Tindakan afektif memperkuat hubungan guru-siswa melalui sikap empati dan dukungan, menciptakan suasana belajar yang positif. Di sisi lain, tindakan tradisional menanamkan nilai-nilai budaya lokal, memperkaya identitas dan karakter siswa. Melalui pendekatan ini, sekolah berhasil menghasilkan siswa yang cerdas, berintegritas, dan berbudaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2023). STUDI ANALISIS KEMITRAAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA. Fikrah: Journal of Islamic Education, 8(1), 1–16.

Alfulaila, N., & Nashrullah, N. (2022). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Pejarakan Karya: Kanhaya Karya.

Ambarwati, E. D. (2020). Pengembangan Karakter Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Di MAN 2 Magetan. IAIN Ponorogo.

Anwar, K. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Kepada Peserta Didik Di SMA Alkhairaat Palu. IAIN Palu.

Arif, H. M., Munirah, Haluty, R., Harahap, S., Umalihayati, Iswahyudi, M. S., Prastawa, S., Jumardi, & Darisman, D. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA DIGITAL. CV Rey Media Grafika.

Hidir, A., & Malik, R. (2024). Teori Sosiologi Modern. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Ishaac, M. (2020). Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guepedia.

Kambo, G. A. (2022). Sosiologi Politik Sebagai Bahan Ajar. Humanities Genius.

Lestari, S. (2020). Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. CV. Pilar Nusantara.

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi belajar-mengajar. Syiah Kuala University Press.

Marpaung, D. P. B., Suryadi, H. S., Ardiansyah, L. T., & Iqbal, M. (2024). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3408–3416.

Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160–175.

Norlaila, N. (2021). KOLABORASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN ORANG TUA SISWA PADA MASA PENDEMIK DI SMP KOTA BANJARMASIN. Proceeding Antasari International Conference, 2(1).

Nurrohmah, E. (2023). Tradisi Grebeg Suro dalam Perspektif Teori Tindakan Max Weber. Studi Budaya Nusantara, 7(2).

Rozaq, A. (2022). Manajemen ekstrakurikuler berbasis kegiatan keagamaan untuk meningkatkan minat dan bakat murid di madrasah Aliyah Safinatul Huda Jepara. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Sam, R., & Sulastri, C. (2024). Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 1–16.

Sani, R. A. (2022). Penilaian autentik. Bumi Aksara.

Sani, R. A., & Rahman, M. (2022). Monograf Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar. CV Media Sains Indonesia.

Silfia, H. (2013). Sosiologi Pendidikan Keindonesiaan. Ar-Ruzz Media.

Sudarman, E., & Madiistriyatno, H. (2022). Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi). Indigo Media.

Weber, M. (1978). Economy and society: An outline of interpretive sociology (Vol. 1). University of California press.

Published

2024-12-27