MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR MODEL
DOI:
https://doi.org/10.32678/alqalam.v20i98-99.637Abstract
Pendidikan merupakan ujung tombak pembinaan generasi muda suatu bangsa. Dalam konteks Indonesia, di antara jenjang pendidikan yang ada, sekolah dasar merupakan pendidikan dasar yang membangun dan memperkokoh fondasi bagi pendidikan tingkat selanjutnya. Oleh sebab itu perhatian khusus untuk tingkat pendidikan ini, termasuk di dalamnya aspek manajemen SDM, layak dan perlu diberikan dengan sepenuh hati. Di antara ribuan bahkan ratusan ribu sekolah dasar, Sekalah Dasar Muhammadiyah Sapen Yogyakarta merupakan contoh dari pendidikan yang mendapat perhatian khusus tersebut. Selain memiliki visi dan misis yang jelas, SDM Sapen juga dikelola dengan penerapan manajemen berbasis sekolah. Setelah menempuh perjalanan yang berliku dan panjang akhirnya SDM Sapen tersebut bisa menjadi sekolah dasar model. Dengan memasukkan dalam kurikulumnya, aspek learning to be, learning to think, learning to do dan learning to live together, SDM Sapen terus berbenah dan bergerak mencapai tingkatan kualitas yang lebih baik lagi: sekolah model unggul, sekolah dasar model unggul dan ideal, serta sekolah dasar model, unggul, ideal dan bertaraf internasional.
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Sekolah Dasar Model, Sekolah Unggulan dan ideal












