KESENJANGAN ANTARA KONDISI PENDIDIK, PENGELOLAAN SERTA SARANA DAN PRASARANA DI PROVINSI BANTEN DENGAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Authors

  • Supani Supandi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.32678/alqalam.v24i3.1668

Keywords:

ldentifikasi, kesenjangan, pendidik, pengelolaan, sarana dan prasarana, Standar Nasional Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melakukan identifikasi kesenjangan antara kondisi pendidik, pengelolaan, dan sarana serta prasarana Sekolab Dasar di Provinsi Banten dengan Standar Nasional Pendidikan. ldentifikasi pertama mengkaji nilai kontribusi variabel pendidik, pengelolaan, dan sarana serta prasarana sekolah terbadap hasil belajar dan menganalisa dampak peningkatan ketiga variabel tersebut terbadap mutu pendidikan. Selain itu, dengan menggunakan nilai kontribusi ketiga variabel tersebut, dapat ditetapkan penentuan prioritas peningkatan berdasarkan urutan besaran nilai kontribusinya.
ldentifikasi kedua tentang ketersediaan data yang mutakhir dan akurat yang dapat memberikan gambaran kondisi pendidik, pengelolaan, dan sarana serta prasarana Sekolab Dasar di Provinsi Banten. Data tersebut meliputi berbagai parameter yang digunakan dalam penentuan standar nasional pendidikan. Oleh karena itu, data tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesenjangan dengan Standar Nasional Pendidikan untuk bidang pendidik, pengelolaan, dan sarana serta prasarana sekolah.
ldentifikasi ketiga berkenaan dengan kontribusi variabel pendidik, pengelolaan, dan sarana serta prasarana Sekolab Dasar terbadap hasil belajar di Provinsi Banten. Berdasarkan besaran kontribusi tersebut dapat ditetapkan prioritas peningkatan dalam komponen pendidik, pengelolaan, dan sarana serta prasarana sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Provinsi Banten.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2007-12-31