ANALISA WACANA DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA

Authors

  • Supani Supandi

DOI:

https://doi.org/10.32678/alqalam.v23i3.1507

Keywords:

Analisis wacana, pengajaran membaca, keterampilan membaca, pemahaman wacana

Abstract

Tulisan ini bertujuan membahas analisa wacana dan bagaimana penerapannya dalam pengembangan keterampilan membaca. Analisa wacana adalah kajian organisasi bahasa di atas kalimat atau klausa, baik lisan maupun tulisan dengan kohesi dan koherensi yang berkesinambungan.
Penerapan analisa wacana dalam pengembangan keterampilan membaca bahasa Indonesia haruslah mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya (1) tingkat kemahiran membaca, (2) maksud dan tujuan membaca, (3) kebutuhan pengetahuan dasar dan (4) panjang dan intensitas pelajaran.
Beberapa keterampilan yang dapat dikembangkan dalam pengajaran membaca bahasa Indonesia pada tingkat pemahaman wacana adalah (1) keterampilan memanfaatkan pengetahuan dasar, (2) keterampilan mengatur ide-ide dalam topik menurut hierarki, (3) keterampilan menghasilkan ikhtisar yang menggambarkan struktur teks, (4) keterampilan meramalkan isi dari ikhtisar, (5) keterampilan memahami kosa kata melalui informasi kontekstual, (6) keterampilan memahami hubungan yang bermarkah, (7) keterampilan mengenali hubungan yang tak bermarkah, (8) keterampilan menghasilkan kesimpulan yang tepat berdasarkan pengetahuan dasar, (9) keterampilan membedakan antara informasi pokok dan informasi penunjang, dan (10) keterampilan menunjukkan penguasaan isi teks melalui pengalihan bagan atau retorik.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2006-12-29