Alat-Alat Evaluasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.32678/tsaqofah.v7i2.3513Keywords:
evaluasi pendidikan, penilaian dan pengukuran, PendidikanAbstract
Setiap lembaga pendidikan senantiasa mengadakan evaluasi baik itu tes masuk maupun tes-tes yang dilaksanakaan oleh guru di dalam kelas. Hal itu dilakukan salah satunya adalah untuk mengukur dan menilai keberhasilan pembelajaran yang dilakukan pada satu kurun waktu. Evaluasi pendidikan juga memiliki fungsi balk untuk siswa, guru maupun lembaga pendidikan, bahkan pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Evaluasi pendidikan adalah seluruh proses berkenaan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengambilan keputusan terhadap proses pendidikan. Evaluasi pendidikan terdiri dari keguatan mengukur dan menilai. Mengukur adalah mengadakan tes maupun non tes kepada peserta didik, yang disusun terdiri dari butir-butir tes maupun nontes. Sedangkan menilai adalah mengambil keputusan berdasarkan pengukuran yang dilakukan. Oleh karena itu mengukur bersifat kuantitatif karena berhubungan dengan score sedangkan menilai bersifat kualitatif. Untuk dapat mengambil kesimpulan benar dan obyektif maka salah satunya adalah menentukan alat-alat evaluasi yang tepat dengan jenis materi, jumlah materi maupun karakteristik peserta didik. Terdapat alat evaluasi yang kemudian disebut dengan teknik evaluasi. Diantaranya adalah tes dan non tes. Tes contohnya adalah tes obyektif dan tes subyektif berupa essay bebas. Selain itu juga ada non tes yaitu wawancara, Daftar check, riwayat hidup, kuesioner dan kurikulum vitae.
'Cats Kunci : Evaluasi pendidikan, penilaian dan pengukuran.



