Anakronisme dalam kurikulum Matapelajaran sejarah
DOI:
https://doi.org/10.32678/tsaqofah.v13i2.3405Keywords:
Kurikulum, Mata Pelajaran Sejarah, AnakronismeAbstract
Hal yang melatar belakangi tulisan ini adalah menganalisis anakronisme yang terjadi pada matapelajaran sejarah, agar kita mampu melihat beberapa hal yang berbeda pada setiap pergantian kurikulum yang terjadi, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap matapelajaran sejarah. Pada setiap perubahan kurikulum yang terjadi dalam pendidikan Indonesia memiliki tujuan atau bahkan muatan tertentu, hal tersebut berdasarkan pada situasi politik dan pada masa itu, sehingga tujuan dan maksud yang sesungguhnya dalam pelajaran sejarah atau dalam pendidikan sejarah di sekolah sering kali tidak sesuai dengan materi atau muatan pelajaran sejarah, hal tersebut disebabkan karena ketentuan yang diterapkan dalam kurikulum pada masa tertentu terhantung kepada siapa yang berkuasa dan kepentingan penguasa. Hal tersebut dianggapp menyimpang dan tidak sesuai dengan tujuan dan standarbased matapelajaran sejarah



