Implementasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Perjuangan K.H. Sjam’un (Studi Di Sma Al-Khaeriyah Cilegon)
DOI:
https://doi.org/10.32678/tsaqofah.v13i1.3399Keywords:
pendidikan nilai, nilai perjuangan kh. sj'amun, pembelajaran sejarahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejadian-kejadian yang tidak diharapkan oleh generasi terjadi, seperti, tawuran dan amuk masa, masalah KKN, penyimpangan perilaku, kecurangan dalam proses pendidikan, pemalsuan-pemalsuan ijazah dan sertifikat, dan semacamnya. Pembelajaran sejarah belum dapat dijadikan untuk penanaman nilai-nilai budaya bangsa. Perjuangan K.H. Sjam’un dalam implementasi pembelajaran sejarah yang syarat dengan nilai- nilai karakter memunculkan pertanyaan: Bagaimana implementasi pembelajaran sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un di sekolah menengah atas?.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, dengan paradigma naturalistik inquiry. Penelitian bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un. Pengumpulan data purposive sampling dan snowball, dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam proses kerjanya data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini di antaranya: 1) implementasi pembelajaran sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un di tiga sekolah SMA Al-Khaeriyah Cilegon sangat variatif dan tergantung dari kondisi guru dalam penguasaan materi dan penyampaiannya di kelas. 2) Hasil-hasil yang diperoleh dalam implementasi sejarah berbasis nilai perjuangan K.H. Sjam’un, siswa lebih paham tentang materi perjuangan K.H. Sjam’un serta mengetahui tentang nilai kesederhanaan, kejujuran, keberanian dan kegigihan dalam perjuangan K.H. Sjam’un. 3) Solusi untuk menghadapi kesulitan dalam implementasi pembelajaran sejarah diperlukan pengkajian dan latihan penguasaan model-model pembelajaran bagi para guru sejarah.
Kata kunci : Pendidikan nilai, nilai perjuangan K.H. Sjam’un, pembelajaran Sejarah.



