Relasi Al-Qur’an Suroh Al-’Alaq Dengan Pendidikan

Main Article Content

Hafid Rustiawan

Abstract

Suroh al-‘Alaq ayat 1-5 adalah wahyu yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sejatinya, suroh tersebut syarat dengan pendidikan, mengingat waktu itu Nabi Muhammad SAW. sangan membutuhkan bimbingan, terlebih jika dikaitkan dengan tanggungjawabnya, karena Beliau dipersiapkan untuk menjadi seorang Rosul, terutama dalam-hal-hal yang yang berhubungan dengan kompetensinya sebagai seorang Rosul, Tulisan ini bertujuan untuk memahami kandungan suroh al-‘Alaq khususnya ayat 1-5, untuk memahami  pendidikan yang terkandung didalamnya. Pemahaman tersebut menjadi penting guna dijadikan referensi dalam kajian ilmu teoritis, dansebagai Langkah prakttik dalam rangka implementasi pendidikan sesuai al-Qur’an. Dalam memahami al-Qur’an suroh al-‘Alaq ayat 1-5, penulis menggunakan studi dokumentasi, dengan menggunakan metode deduktif dan induktif, yang berusaha memahami Pendidikan yang terkandung dalam al-Quran suroh al-‘Alaq ayat 1-5, melalui literatur yang ada, seperti  kitab-kitab tafsir hasil karya para ulama terdahulu, dan buku-buku pendidikan yang merupakan buah karya para ahli pendidikan. Dalam penulisan ini, penulis juga mengumpulkan berbagai pendapat dari para ahli dan kemudian dianalisis serta keterkaitannya dengan Pendidikan, selanjutnya dibuat kesimpulan. Turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. dengan diawali asbab nuzulnya, telah menggambarkan bagaimana proses Pendidikan dan pembelajaran berlangsung, Proses pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa, pada dasarnya proses pembelajaran harus menekankan kepada proses pembelajaran active atau aktiv learning, meski pada akhirnya berakhir pada guru, namun paling tidak telah memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan secara mandiri. Dari sudut kandungannya, suroh al-Alaq ayat 1-5 berisikan tentang jenis dan media pendidikan. Adapun jenis pendidikan yang terkandung di dalamnya mencakup pendidikan intelektual atau pendidikan akal pendidikan akidah,  dan pendidikan  tauhid, yakni tauhid rububiyah, serta  pendidikan keterampilan membaca dan menulis, sedangkan  sumber belajarnya adalah mencakup segala yang ada di alam semesta, baik yang tersurat, maupun yang tersirat, termasuk manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Bana, Hasan, (1983). Akidah Islam, Bandung: Al-Ma’arif.

An-Nahlawi, Abdurrahman. (1996) Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat Terjem Arifin, Jakarta: Gema Insani Press.

Anwar, Rosihan.(2008). Akidah Akhlak, Bandung Pustaka Setia.

Dahlan dan M. Zaka Al-Farisi, (2007). Asbab an-Nuzul, Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Daud Ali, Muhammad. (2005). Pendidikan Agama Islam, Jakarta PT Raja Grafindo Persada.

Daradjat, Zakiah Dkk, (1999). Dasar-Dasar Agama Islam, Jakarta: Universitas Terbuka

Jalalaini, Al-Suyuthi, wa al-Mahally Tafsir al-Qur’an al-azim.

Katsir Ibn. al-Qursyiyyi ad-Dimsyiqy, Tafsir al-Qur’an al-azim, al-Maktabah at-Tijariyah Mushthofa Ahmad al-Baz, Makkah al-Mukarromah.

Mujib, Abdul, (2006). Kepribadian Dalam Psikologi Islam, Jakarta Raja Grafindo Persada,

Mulyana, E. (2006). Implementasi Kurikulum 2004Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mastuhu, (1999). Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Tangerang: PT Logos Wacana Ilmu

Malik, Oemar, H. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhaimin, dkk, (2001). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Harun, (1986). Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: UI Press.

Nasution, Harun dan Muhammad Abduh (1987). Teori Rasional Mu’tazilah, Jakarta: UI Press 1987

Purwanto, Ngalim. (2002). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya Bandung.

Ramayulis dan Samsul Nizar, (2010). Filsafat Pendidikan Islam, Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya, Jakarta, Kalam Mulia.

Shalih, Muhammad Syaih Bin, Nubdah fi al-aqidah al-Islamiyah, Tt.

Shihab, M. Qurais, Membumikan Al-Qur’an, Mizan Bandung.

Shihab, M. Qurais, (1997). Mukjizat Al-Qur’an, Mizan Bandung.

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar, Tangerang: PT Logos Wacana Ilmu.

Taimiyah, Ibn, (1983). Akidah Islam menurut Ibn. Taimiyah, Bandung: Al-Maarif.

Undang-Undang No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Penjelasannya, Jogjakarta: Media Wacana Press.