Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Membina Sikap dan Kemampuan Wirausaha Santri
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Pesantren yang berlandaskan nilai-nilai teologis untuk meningkatkan nilai-nilai taqwa yang menganut sistem pendidikan nasional yang di Kementerian Pendidikan Nasional dan agama mengadopsi Kementerian Agama. Bukti empirik bahwa pendidikan nasional mempunyai pengaruh yang besar bagi penyelenggaraan pendidikan baik umum maupun agama. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan kegiatan dan hasil konkrit pendidikan pesantren terhadap sikap dan keterampilan kewirausahaan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan permasalahan yang berkaitan dengan: (1) strategi pendidikan pesantren untuk mengembangkan nilai dan sikap kewirausahaan santri; (2) Bagaimana pendidikan pesantren memfasilitasi santri ke dalam pendidikan berbasis penguasaan nilai-nilai agama dan berjiwa wirausaha; (3) Tantangan yang dihadapi kedua pesantren dalam mengembangkan nilai dan sikap santri di Pondok Pesantren untuk berwirausaha. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data kualitatif, terkait dengan manajemen pendidikan pesantren untuk membangun sikap dan keterampilan siswa untuk berwirausaha. Sikap dan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha meliputi: disiplin, mandiri, adil yang berlandaskan pada hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan dan berorientasi pada masa depan. Ide tersebut hadir karena Kyai melihat tidak semua alumni akan diterima sebagai pegawai perusahaan.Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah alternatif dengan cara menghadirkan wirausahawan muda yang berwawasan Islam. Dalam hal ini berimplikasi pada pengembangan kewirausahaan pada mahasiswa secara perlahan akan berjalan. Penyebabnya memiliki banyak tantangan dalam mengembangkan dan menjadi mahasiswa wirausaha
Downloads
Article Details
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
References
Asmuni, (2007), Wakaf: Seri Tuntunan Praktis Ibadah. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Astamoen, Moko, P. (2008), Enterpreneurship Dalam Perspetik Kondisi Bangsi Indonesia, Bandung: Alfabeta
Azra, Azyumardi, (1997). Pesantren: Kontinuitas dan Perubahan,Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina.
Bird, Barbara J., (1989), Entrepreneurial Behavior, London, England: Scott, Foresman and Company.
Budi, Prawira T. (2007), Panduan Sikap dan Perilaku Entrepreneurship Kiat Sukses MenjadiPengusaha, Yogyakarta: Tugu
Bygrave, William D. (1994), The Portable MBA in Entrepreneurship, New York illcv & Sons. Inc.
Dhofier. Zatnakhsyath, (1985), Pesantrcn: Studi Tentang Pandangan fliclup
Fasa, M. I., Febrianty, A., Khoerulloh, K., Arisa, A., Utami, W., Santoso, I. R., ... & Haerany, A. (2020). Eksistensi BISNIS ISLAMI di era revolusi industri 4.0. Penerbit Widina.
Fathan, A, (2005), Konscp clan Metode Penelitian Kualitatif, Malang: PPS UNM. Histich, Robert. D. s
Fattah, Nanang.( 1999), Lanasan Manajemen Pendidikan.Bandung: Rineka Cipta.
Irwin. Kailani, HD, (2002), Gontor dan Kemandirian: Pondok, Santri, dan Alumni, Jakarta: Bina Utama Publishing.
Kao, Raymond, Russel M. Knight, (1987), Entrepreneurship and New Venture Afanagcmnent, Canada: Prentice Hall
Kartono,Kartini. (1983), Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Rajawali Press Kuratko, D.F. dan Hodgetts, R. M. (2011), Entrepreneurship A Contemporary Approach, United States of America: Rinehart and Winston. Inc.
Kholik, A., Maulida, S., Suganda, A. D., Hanika, I. M., Ismainar, H., Muniarty, P., ... & Nurhayati, N. (2020). PRILAKU KONSUMEN (RUANG LINGKUP DAN KONSEP DASAR).
Madjid, Nurcholis, (2007), Bilik-bilik Pesantren sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina.
Nasfi, Nasfi, et al. PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN PERADABAN EKONOMI ISLAM. Edited by Wahyuni, Neneng S. Widina Bhakti Persada, 2022.
Nasir, Ridlwan, (2005), Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal: Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurwakhidah, A., & Suganda, A. D. (2022). Capacity Building in an Effort of Improving Blended Learning-Based Teacher'Competence during Covid-19 Pandemic. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(01), 121-128.
Pandojo, Heidjrachman R. (1982), Wiraswasta Indonesia, Yogyakarta: BPFE
Peters M.P. (1982), Entrepreneurship, Chicago
Robbins, Stephen P. (1996), Organizational Behavior: Concepts, Controversies, Aplications. Alih bahasa oleh Pujaatmaka, Hadyana. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: Prenhallindo.
Sauri, Sofyan, (2010), Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri, Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Schermerhorn Jr.John R (1996), Managemen and Organizational Behavior: Essentials. New York: John Wiley & Sons Inc.
Semiawan, Conny, (1984), Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah, Jakarta: Gramedia.
Siagian, P, Sondang. (1991) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, P, Sondang. (2002) Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Rineka Cipta.
Sigit, Suhardi, (1980), Mengembangkan Kewiraswastaan, Universitas Gadjah Mada.
Stoner, James A. E and Edward Freeman, (1992), Management. NewYork: Prentice
Suderadjat, Ilari. 2005 Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Bandung: Cipta Cekas Grafika.
