Analisis Gaya Hidup Masyarakat dan Budaya Konsumtif Dalam Perspektif Islam

Isi Artikel Utama

Gabrita Revinda Tara
Isa Anshori

Abstrak

Modernisasi merupakan proses yang berkesinambungan yang telah berlangsung melampaui waktu. Ia mengusahakan berbagai produk seperti pola hidup, budaya, gaya hidup, dan banyak aspek lainnya. Keberadaan modernisme tidak hanya untuk memberikan kemudahan bagi manusia, tetapi juga untuk menciptakan dampak buruk yang lebih menonjol, seperti munculnya konsumerisme di kalangan masyarakat akibat perkembangan ekonomi yang bergerak lebih global. Ciri-ciri penampilan tersebut terlihat pada preferensi terhadap budaya barat, gaya hidup instan, konsumerisme yang akhirnya tergerus oleh hedonisme. Perilaku  konsumen  merupakan  proses  tindakan  yang  langsung  terlibat  dalam mencari,  mendapatkan,  mengkonsumsi,  menghabiskan  serta  mengevaluasi  produk  atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahulului dan menyusuli tindakan ini. Persaingan  yang  semakin  ketat  tersebut  membuat  perilaku  konsumen  sangat rentan  untuk  berubah-ubah,  sehingga  setiap  perusahaan  dituntut  untuk  dapat  mengikuti perubahan  keinginan  konsumen  secara  terus-menerus.  Semakin  banyak  produsen  atau perusahaan  yang  terlibat  dalam  pemenuhan  kebutuhan dan keinginan  konsumen,  hal  ini menyebabkan  beberapa  perusahaan  yang  bersaing  harus  menempatkan  orientasi  kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama perusahaan. Hasil pembahasan menunjukkan : (1) Mengetahui Kajian Sosiologi Budaya Menurut Pendapat Para Tokoh. (2) Mengetahui Ciri-ciri dan dampak Materialisme Dalam Pandangan Islam Terhadap Budaya Materialisme. (3) Mengetahui  Ciri-Ciri Budaya Modernisasi, Postmodernisme, Modernitas dan Post Modernitas dalam Perspektif Islam. (4) Mengetahui Gaya hidup dan Budaya Konsumen dengan Teori Budaya Konsumen dan perspektif Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anshori, Isa (2012). “Budaya Malu dan Etos Kerja”. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/39591/2/Isan%20Anshori_Proceding%20Budaya%20Malu%20dan%20Etos%20Kerja_opt.pdf

Asri, Lenawati, (2019). “Modernisasi Dalam Perspektif Islam”. Universitas Gadjah Puteh Takengon, Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi dan Penyairan Islam, Vol. 10 (2) Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/276529031.pdf

Atang abdul hakim, Beni Ahmad Subaeni, (2008). “Filsafat Umum Dari Metologi Sampai Teofilosofi”, (Bandung: Pustaka Setia)

Bakri, (2018). “Paham Materialisme Merusak Agama” Diakses dari https://aceh.tribunnews.com/2018/02/23/paham-materialisme-merusak-agama

Eddy Rohayedi, Maulina, (2020). “Konsumerisme Dalam Perspektif Islam”, Jurnal Transformatif, Vol. 4 (1).

Efendi, Ahmad (2018). “Menelusuri Konsep modernitas Dalam Dinamika Pemikiran”, STIT Usymuni Terate Sumenep, Vol. 10 (1). Diakses dari http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/3240/2386

Featherstone, Mike, 2008. Posmodernisme dan Budaya Konsumen, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hammis Syafaq, Nurul Asiyah, & Mukhamad Zamzami, (2019). “Pengantar Studi Islam”, (Surabaya :UIN Sunan Ampel Press)

Ismail, Yusuf (2019). “Postmodernisme dan Perkembangan Pemikiran Islam Kontemporer”, Jurnal Studi Al-Qur’an, Vol. 15 (2). Diakses dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/11909/7281

J. Moleong, Lexy (2018). “Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya)

Koentjaraningrat, (2015). “Pengantar Ilmu Antropologi”, (Jakarta : PT. Rineka Cipta)

Meilindasari, Revita “Hubungan Islam dan Budaya”, 2021 Diakses dari https://kumparan.com/revita-m/hubungan-islam-dan-budaya-1wXUrnP2iAM/full

Mukti Ro’uf, Abdul, (2019). “Postmodernisme : Dampak dan Penerapannya pada Studi Islam”, Jurnal Studi Keislaman, Vol.19 (1). Diakses dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/4161

Raco, J (2018). “Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karaktertik, dan Keunggulannya”, (Jakarta: Grasindo)

Soyomukti, Nuraini (2011). “Pengantar Filsafat Umum”, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media)