Analisis Gaya Hidup Masyarakat dan Budaya Konsumtif Dalam Perspektif Islam
Isi Artikel Utama
Abstrak
Modernisasi merupakan proses yang berkesinambungan yang telah berlangsung melampaui waktu. Ia mengusahakan berbagai produk seperti pola hidup, budaya, gaya hidup, dan banyak aspek lainnya. Keberadaan modernisme tidak hanya untuk memberikan kemudahan bagi manusia, tetapi juga untuk menciptakan dampak buruk yang lebih menonjol, seperti munculnya konsumerisme di kalangan masyarakat akibat perkembangan ekonomi yang bergerak lebih global. Ciri-ciri penampilan tersebut terlihat pada preferensi terhadap budaya barat, gaya hidup instan, konsumerisme yang akhirnya tergerus oleh hedonisme. Perilaku konsumen merupakan proses tindakan yang langsung terlibat dalam mencari, mendapatkan, mengkonsumsi, menghabiskan serta mengevaluasi produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahulului dan menyusuli tindakan ini. Persaingan yang semakin ketat tersebut membuat perilaku konsumen sangat rentan untuk berubah-ubah, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk dapat mengikuti perubahan keinginan konsumen secara terus-menerus. Semakin banyak produsen atau perusahaan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, hal ini menyebabkan beberapa perusahaan yang bersaing harus menempatkan orientasi kepada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama perusahaan. Hasil pembahasan menunjukkan : (1) Mengetahui Kajian Sosiologi Budaya Menurut Pendapat Para Tokoh. (2) Mengetahui Ciri-ciri dan dampak Materialisme Dalam Pandangan Islam Terhadap Budaya Materialisme. (3) Mengetahui Ciri-Ciri Budaya Modernisasi, Postmodernisme, Modernitas dan Post Modernitas dalam Perspektif Islam. (4) Mengetahui Gaya hidup dan Budaya Konsumen dengan Teori Budaya Konsumen dan perspektif Islam.
Unduhan
Rincian Artikel
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
Referensi
Anshori, Isa (2012). “Budaya Malu dan Etos Kerja”. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/39591/2/Isan%20Anshori_Proceding%20Budaya%20Malu%20dan%20Etos%20Kerja_opt.pdf
Asri, Lenawati, (2019). “Modernisasi Dalam Perspektif Islam”. Universitas Gadjah Puteh Takengon, Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi dan Penyairan Islam, Vol. 10 (2) Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/276529031.pdf
Atang abdul hakim, Beni Ahmad Subaeni, (2008). “Filsafat Umum Dari Metologi Sampai Teofilosofi”, (Bandung: Pustaka Setia)
Bakri, (2018). “Paham Materialisme Merusak Agama” Diakses dari https://aceh.tribunnews.com/2018/02/23/paham-materialisme-merusak-agama
Eddy Rohayedi, Maulina, (2020). “Konsumerisme Dalam Perspektif Islam”, Jurnal Transformatif, Vol. 4 (1).
Efendi, Ahmad (2018). “Menelusuri Konsep modernitas Dalam Dinamika Pemikiran”, STIT Usymuni Terate Sumenep, Vol. 10 (1). Diakses dari http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/3240/2386
Featherstone, Mike, 2008. Posmodernisme dan Budaya Konsumen, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hammis Syafaq, Nurul Asiyah, & Mukhamad Zamzami, (2019). “Pengantar Studi Islam”, (Surabaya :UIN Sunan Ampel Press)
Ismail, Yusuf (2019). “Postmodernisme dan Perkembangan Pemikiran Islam Kontemporer”, Jurnal Studi Al-Qur’an, Vol. 15 (2). Diakses dari http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsq/article/view/11909/7281
J. Moleong, Lexy (2018). “Metodologi Penelitian Kualitatif”, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya)
Koentjaraningrat, (2015). “Pengantar Ilmu Antropologi”, (Jakarta : PT. Rineka Cipta)
Meilindasari, Revita “Hubungan Islam dan Budaya”, 2021 Diakses dari https://kumparan.com/revita-m/hubungan-islam-dan-budaya-1wXUrnP2iAM/full
Mukti Ro’uf, Abdul, (2019). “Postmodernisme : Dampak dan Penerapannya pada Studi Islam”, Jurnal Studi Keislaman, Vol.19 (1). Diakses dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/4161
Raco, J (2018). “Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karaktertik, dan Keunggulannya”, (Jakarta: Grasindo)
Soyomukti, Nuraini (2011). “Pengantar Filsafat Umum”, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media)
