Strategi Bisnis Pelaku UMKM di Tengah Pandemi Covid-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pandemi covid-19 mewabah hampir dalam segala sektor tidak terkecuali sektor ekonomi. Dampak pada sektor ekonomi tidak hanya terjadi dalam skala nasional namun dalam skala internasional. Negara-negara di dunia mengalami krisis ekonomi bahkan sampai menyentuh minus dalam grafik ekonomi global. Salah satunya Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh angka negatif yang menyebabkan angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia meningkat. Oleh karena itu diperlukan strategi dalam perekonomian Indonesia khususnya dalam sektor UMKM untuk terus dapat membangkitkan kembali ekonomi nasional kembali bergerak ke arah positif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM harus menerapkan strategi bisnis baru di tengah pandemi covid-19. Adapun berbagai strategi bisnis yang dapat digunakan yaitu peningkatan kualitas produk dan pelayanan, kewirausahaan digital dan customer relationship marketing.
Unduhan
Rincian Artikel
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
Referensi
Adiningsih, Sri. 2019. Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Andayani, Indah dkk. 2021. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal. Vol. 16 No.1.
Anies. 2020. Covid-19: Seluk-Beluk Corona Virus Yang Wajib Dibaca Cet-1.
Jogjakarta: Arruzz Media.
Avriyanti, Shinta. 2021. Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital (Studi Pada UKM yang Terdaftar Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis. Vol. 5, No.1.
Boone & Kurtz. 1998. Contemporary Marketing (9th ed.). Orlando: Dryden Press.
Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan): Concept and Tools. Malang: Bayumedia Publishing.
Chan, Syafruddin. 2003. Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Chandra, Gregorius. 2001. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi Ofset.
David, R. 2004. Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Selemba Empat.
Ersa, Dzikiryati Yuni dan Hatane Semuel. 2014. Analysis CRM: Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Produk UKM Berbasis Bahan Baku Terigu di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 1..
Ferdinand, Augusty. 2002. Marketing Strategic Making: Proses & Agenda Penelitian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. 1, No.1.
Hardilawati, Wan Laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika. Vol. 10, No.1.
Masrul dkk. 2020. Pandemik Covid-19 Pesoalan dan Refleksi di Indonesia. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Maulana, Shabur Miftah dkk. 2015. Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29, No. 1.
Nabilah, Sharfina dkk. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus UMKM Zea Food di Kota Mataram. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1, No. 12.
Nugraheni, Agustina Prativi dkk, 2020. Strategi of Smes In The Covid-19 Pandemi Period. Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta. Vol. 2, No.1.
Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., Susilowati, H., ... & Roslan, A. H. (2021). BRAND MARKETING. Penerbit Widina.
Santoso, Rudi. 2020. Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-commere During Pandemi Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Terapan. Vol. 5, No.2.
Siagian, Ade Onny. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis. Vol. 3 No. 1.
Swastha, Basu & Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES.
Wibowo, Dimas Hendika. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29, No.1.
Wijoyo, Hadiyon dkk. 2021. Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Cet-1. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.
