ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA HALAL DI BANTEN

Isi Artikel Utama

Elsa Elsa
Dian Febriyani
Irmatul Hasanah

Abstrak

Gaya hidup halal saat ini menjadi trend dunia. Salah satunya adalah wisata halal yang saat ini menjadi program unggulan bagi pemerintah melalui dinas pariwisata. Banten salah satu provinsi di Indonesia yang saat ini juga tengah memproyeksikan bagaimana mengembangkan wisata halal. Berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) terdapat empat indikator dalam penilaian wisata halal yaitu Accessibility (aksesibilitas), communication (komunikasi), environment (lingkungan) dan service (layanan). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa banten dapat mengembangkan wisata halal dengan mengacu pada indikator tersebut. Dukungan pemerintah dan masyarakat dapat menjadikan banten sebagai destinasi wisata halal yang dapat berkembang dengan baik.


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Carrolina, Riska. Triyawan, Andi. (2019). Analysis of Halal Tourism Development Strategy in East Java Province. Jurnal of Islamic Economics Lariba, Vol 4
Chookaew, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal of Economics, Business and Management, 739-741.
Dinas Provinsi Banten (2019). Pariwisata Banten Dalam Angka Tahun 2019. Dinas Provinsi Banten
Fitri, Aulia (2016). www.disbudpar.aceh.go.id
Forum Group Discussion (FGD) Dinas Pariwisata Provinsi Banten 2015
Gretzel, et al (2015). Smart Tourism: Foundation and Develovment. Institute of Information Management, University of St Gallen.
https://dispar.bantenprov.go.id/Berita/topic/505
https://kominfo.go.id/content/detail/18069/5-tahun-kembangkan-pariwisata-halal-indonesia-akhirnya-raih-peringkat-pertama-wisata-halal-dunia-2019/0/artikel_gpr.
Kamarudin, L. M. (2013). Islamic Tourism: The Impacts to Malaysia's Tourism Industry. Proceedings of International Conference on Tourism Development, 397-405.
Kovjanic, G. (2014). Islamic Tourism as a Factor of the Middle East Regional Development. Turizam Vol 18, 33-43.
Nurfadhila, A., & Suganda, A. (2021). INTENSITAS KUNJUNGAN WISATA RELIGI MENJADI PENENTU PENDAPATAN STREET VENDORS KAWASAN MASJID AGUNG BANTEN LAMA. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 7(1), 23-36. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ieconomics.v7i1.8990
Pratiwi, Ela. Ade. (2016). Analisis Pasar Wisata Syariah Di Kota Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Volume 14 No. 1.
Suganda, A. ( ). KONSEP WISATA BERBASIS MASYARAKAT. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 4(1), 29-41. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ieconomics.v4i1.2181.
Widagyo, Gilang. Kurniawan. (2015). Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia. The Journal Tauhidinomics Vol 1. No 1 Hal 73-80.