PERSPEKTIF ISLAM TENTANG PENGARUH KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMEN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya permintaan terhadap smartphone. Dalam menggunakan internet, masyarakat lebih banyak memilih menggunakan smartphone untuk mengaksesnya, karena dinilai lebih praktis untuk bisa dibawa kemana-mana. Hal ini yang menjadi salah satu pemicu terjadinya peningkatan terhadap permintaan smartphone dan mendorong produsen untuk berlomba-lomba dalam menawarkannya. Maka dari itu, masyarakat harus lebih pintar dalam memilih smartphone yang hendak dibelinya, dan bijak saat menggunakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Sampel yang digunakan sebanyak 77 konsumen dimana pengambilan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisa yang adalah regresi berganda, dengan perangkat uji statistik yaitu validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil uji t, terdapat variabel kepribadian memiliki nilai thitung (4,357) > ttabel (1,992), variabel gaya hidup memiliki nilai thitung (4.221) > ttabel (1,992). Hasil uji f menunjukkan nilai fhitung sebesar (49,637) > ftabel (3,12). Maka dapat disimpulkan kepribadian dan gaya hidup mempunyai pengaruh yang simultan terhadap perilaku konsumen. Menurut perspektif Islam Mahasiswa/i FEBI memiliki kepribadian sebagai Insan sejati (al-mukminun), menjalankan gaya hidup secara Islami, dan mempunyai perilaku konsumsi yang sesuai dengan ajaran Islam
Downloads
Article Details
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
