ETIKA INTERAKSI PEMBELAJARAN ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK MENURUT AL-QUR‘AN

Isi Artikel Utama

Qoyimun Qoyimun
Umi Kulsum
Hasbullah Hasbullah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini pemahaman interaksi pendidik dan peserta didik sudah sesuai dengan etika interaksi menurut quran surat Al Kahfi ayat 66 dan  interaksi yang kurang baik dapat dipengaruhi oleh segi pengontrolan sikap Pendidik terhadap Peserta Didik hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya yaitu memotong pembicaraan pendidik, berbicara dengan tidak sopan, dan kurang menghormati pendidik. Metode yang di gunakan Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Yaitu studi di Pondok Pesantren Ar-Rahman Cidadap Kota Serang, dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Interaksi antara pendidik dan peserta didik di MTs Ar-Rahman cidadap sudah berjalan dengan baik sesuai dengan konsep interaksi yang tertera didalam Al-Quran suart Al – Kahfi ayat 66-70 dan melalui hasil dari pada penelitian di pondok pesantren Ar-Rahman dianggap sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat didilihat dengan kebiasaan mereka seperti mengucapkan salam dan mencium tangan seorang pendidik ketika berada di luar sekolah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdillah F. Hasan, Sempurnakan Shalatmu, (Jakarta: Cerdas Taqwa, 2012).

Abdul, Khotib. 2016.Definisi Etika, Ciri Dan Fungsinya. Terdapat di link https://symbianplanet.net/pengertian-Etika.

Adam (2017) ‘’ Adab interaksi Guru dan Murid dalam kisah Musa dan Khidir surat al-kahfi ayat.

Afif Arundina Raniatusyafa,(2013) “ Adab Interaksi Guru dan Murid dalam Kisah Musa dan Khidir” ( Surakarta: Fakultas Agama Islam Universitas Muhamadiyah Surakarta)

Afriyanti, Ema. Upaya Pemahaman Konsep Ekosistem. Bandung: Raja grafindo, 2006.

Agustina, Ida. Filsafat Kebudayaan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2015.

Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Ali, Atabik. Kamus Besar Bahasa Indonesia-Arab. Yogyakarta: Multi Gaya Grafika, 2008.

Al-Khumayyis, Muhammad. Tafsir Jalalain Jilid I.

Al-Qardhawi, Yusuf. Fiqih Peradaban Sunnah Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2004.

Al-Qazwani, Abu Ja’far Umar. Syarah 77 Cabang Iman. Jakarat: Kencana Prenada Media, 2013.

Al-Shiddiqy, M. Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu hadits. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009.

Amiruddin. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Antonio.2015.pengertian adab. Tersedia online di link https://pengertian-adab.html.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Asep Nurhalim, Buku lengkap Panduan Shalat, (Jakarta: Belanoor, 2010).

Aswan Zain, Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta 2010),

Bungin, M Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2009.

Deko Sandra 2017. Interaksi Edukatif Dalam Kisah Al-Qur’an Analisis Qs. Al-Kahfi Ayat 60-8. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Ibrahim Malang

Departemen Agama, Pelestarian Lingkungan Hidup. Jakarta: Lajnah Pentashihan Musthaf, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997).

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Dessy Anwar, Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Surabaya: Amelia 2005).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, ( Jakarta : Rineka Cipta, 2009)

Drajat, Zakiyah. Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2008).

Ensiklopedi Nasional Indonesia. 2004. (Bekasi: Delta Pamungkas).

Fitri, Agus Zaenul. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani, 2015.

Hasan, Fuad. Aspek Sosial Budaya. Jakarta: Perum Balai Pustaka, 2004.

Hasbullah, Dẩsar- dasar Ilmu Pendidikan ( Jakarta: PT Rajagrapindo Persda, 2012).

Hasibuan. Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat, 2002.

Idtesis.Com, Pengertian Etika Menurut para Para Ahli,https://idtesis.com.

Ina, Mansur. Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

Kaswardi, Em. Pendidikan Nilai. Jakarta: PT Gramedia, 2004.

Lexy J. Meolong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000).

Liliweri, Alo. Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Lusi Suryani, (2017) “Adab Interaksi Pendidik dan peserta didik Dalam quran surat Al-kahfi ayat 60-82 ‘’ ( Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung).

M. Ali Hasan, Hikmah Shalat dan Tuntunanya, (Jakarta: Raja Grafindo, 2000),

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Pustaka Setia, 2011.

Majid, Abdul. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Mamik. Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2015.

Mansur Mulich, Pendidikan Karakter ( Jakarta: Bumi Aksara, 2011),

Marzali, Amri. Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta: PT Fajar Interpratama, 2009.

Miftahul Huda, Interaksi Pendidikan 10 Cara Qur’an Mendidik Anak, ( Malang: UIN Malang Press, 2018)

Muhamad Amin, Peran Guru Dalam Menanamkan Kejujuran DI Lembaga Pendidikan, Jurnal Vol.2 No 2,

Muhammad, Imam Al-Hafiz bin Isa. Sunan At-tirmidzi. Jakarta: Pustaka Azzam, Jilid 1, 2003.

Muhatdim. Mutiara Hadits Muslim. Surabaya: Putra Pelajar, 2004.

Mulyana, D dan Rakhmat, J. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010.

Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015

Muslih, Mansur. Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Muslim. dkk. Moral dan Kogisi Islam. Bandung: CV Alfabet, 1993.

Nana Syaodah Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandumg: Remaja Rosdakarya, 2009).

Nata, Abudin. Perspektif Islam Tentang Pendidikan Kedokteran Paradigma sehat. Jakarta: PT Pustaka Setia, 2004.

Notowidago, Rohiman. Ilmu Budaya Dasar Berdasarkan Al-qur’an dan Hadits. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2002.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, ( Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar,…hal 170

Pusat Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakrta: Balai Pustaka, 1994).

Rahman Adi Sasongko. Internalisasi Nilai-Nilai Islam Melalui Program Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Islam jabung Malang. Jurnal Kajian Tentang Penddikan tahun 2014, hal 224-38, tersedia di http://googlescholar.id, diakses pada tanggal 29 Oktober 2020, pukul 08:12 WIB

Rahman Ritonga dan Zainuddin, Fikih Ibadah, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997),

Ratri Cahyaningrum. Penanaman Nilai-Nilai Tanggung Jawab dan Kemandirian Pada Anak di Lingkungan Panti Asuhan (Studi Kasus di Yayasan Yatim Muhammadiyah di Desa Kliteh, Kecamatan Sragen Tengah, Kabupaten Sragen. Jurnal Kajian Pendidikan tahun 2015, hal 30-36, tersedia di http://googlescholar.id, diakses pada tanggal 28 Oktober 2020, pukul 23:51WIB.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & UUD No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas, (Bandung: Permana, 2006).

Rifa’I, Muhammad. Konsep Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Pustaka Media, 2007.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup, 2014.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, …

Siswanto, Vietorianus Aries. Strategi dan Langkah-Langkah penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Siti Salamah. Penanaman Nilai-Nilai Kebersihan Lingkungan oleh Guru di MI Hayatuddinah Jambu Burung Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Guru MI tahun 2017, hal 68-71, tersedia di http://googlescholar.id, diakses pada tanggal 28 Oktober 2020, pukul 22:37 WIB.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Wali Pers, 2009.

Sokanto.2009.Peranan guru terhadap siswa. (Lampung : Citra Media).hal.67

Solihin. Riyadhus Salihin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2015.

Subagio, Joko. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sucianti, nurmala.2017.Peran guru terhadap perubahan interaksi sosial siswa. (Lampung : Jurnal skripsi).

Sudarwan, Denim.2010.Karakteristik Peseta Didik.(Jakarta: Rineka Cipta).

Sudibyo. Ilmu Sosial Dasar. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sulaiman, Abu Dawud. Ensiklopedia Hadits. Jakarta: Al-Mahira Cet 1, 2013.

Suryosubrata, Beberapa Aspek Kependidikan (Jakarta: Bina Aksara, 1983).

Syahreni, Elfi. Mengembangkan Prilaku Sehat. Jakarta: Derektorat Pembinaan, 2012.

Syaiful Bahri Djaramah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi, ( Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Syaiful Bahri Djaramah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2009).

Toha, machun.2016. Pendidikan adab.(Surabaya : Jurnal Elbanat).

Tumangor, Rusmin. dkk. Kebudayaan Indonesia. Depok: Komunitas Bambu, 2010.

Uli (2018) “Etika Guru Dalam Surat Al-Kahfi Ayat 66-70 Dan Relevansinya Dengan Permendiknas No. 16 Tahun 200” (Ponorogo : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman, Menjadi Guru Profesional, ( Bandung: Remaja Rosdakarya 2016),

UU SIKDIKNAS No 20 Tahun 2003 (Jakarta: Sinar Grafika, 2004).

Wahbah Az-Zuhaili, Penerjemah Abdul Hayyie al-kattani, Fikih Islam 2, (Jakarta: Gema Insani, 2010),

Wahyu, Ramdani. Ilmu Budaya Dasar. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Wardani. 2009. Pengertian Etika dan fungsi manajement. Terdapat di link http://repositor.pdf. Diakses pada 22 Maret 2021.

Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Mitra Cindekia Pers, 2009.

Yahdinil Firda Nadhirah, Psikologis Belajar Mengajar, (Serang : Dinas Provinsi Banten, 2018).