Analisis Pemanfaatan Etika Bisnis Islam Dalam Kegiatan Produksi

Isi Artikel Utama

Fatma Wati Poernomo

Abstrak

Produksi merupakan segala tindakan dinamakan proses kemudian didapat sebuah hasil, secara sempit produksi yaitu aktivitas yang mengubah factor produksi (input) menjadi barang atau jasa atau kata lainya mengubah bahan mentah menjadi produk siap pakai. Dalam arti luas produksi tidak semata beroriantasi pada output atau keuntungan tetapi juga berorientasi pada kemaslahatan sehingga dalam kajian prilaku produsen islam membahas mengenai lebih terinci dampak dan manfat secara bersama, etika bisnis islam dinilai saat ini tidak terbatas pada suatu golongan tetapi diperhitungkan secara global oleh banyak kalangan secara universal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Suminto, Ahmad. (2020). ETIKA KEGIATAN PRODUKSI: PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. JURNAL EKONIMI ISLAMI VOL 6 NO 1 HAL125-128.
Anto, Hendrie. (2003). Pengantar Ekonomi Mikro Islami. Yogyakarta: Jalasutra.
Karim, Adhiwarman. A. (2007). Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alimuddin, Agus. (2020). ETIKA PRODUKSI DALAM PANDANGAN MAQASID SYARIAH. NIZHAM, VOL 8 NO 1 HAL. 113-115
Fauzia, I.Y. (2018). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Pernada Media.
Nugroho, Sugeng. H. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG BAKU PADA INDUSTRI KULINER PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Jurnal Manjemen dan Bisnis: Vol 17 No 2 (https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.7265), hal 57-68.
Thaliya, A., Muhammad, I.F, & Suharto. (2021). IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS, KONSEP PRODUKSI, EFISIENSI PENGELOLAHAN PADA UMKM TERHADAP SISTEM SOSIAL EKONOMI PRESEPEKTIF EKONOMI ISLAM. Iqtishaduna, Vol. 12 No. 1, hal 121-128.
Juliani, E. (2016). Etika Bisnis dalam Presepektif Islam. Jurnal Umul Qura. Vol 7 No 1; Hal 63-74.
Farma, Julia., Khaoril. (2020). ). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Strategi Promosi Produk Asuransi Takaful. Jurnal Studi Islam Vol 15 No. 1: (https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15il.3268).
Juliana., M. Fathir., & Sultan. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Pelaku Usaha Mikro: Studi Kasus Pada Prilaku Usaha Mikro Syariah Puspa Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat Di Bandung. Strategic, Vol. 19 No. 1; Hal 39-41.
Hamid, Abdul., M. Kamal. Z. (2019). Implementasi etika islam dalam pemasaran produk bank syariah. Jurnal balanca, Vol. 1 No. 1; Hal 16-19.
Yunia, Noorma. (2018). Implementasi Etika Bisnis Dalam Menjalankan Usaha Kecil. Jurnal Aksioma Al-Musaqoh, Vol. 1 No 1; Hal 81-84.
Cholifah, W.R. (2017). PERBANDINGAN NORMA PRODUKSI ISLAM DENGAN PRODUKSI PADA INDUSTRI BORDIR DI KECAMATAN BANGIL (STUDI KASUS PADA PRESAHAAN FAIZA BORDIR).
Ali, Misbahul. (2013) Prinsip Dasar Produksi Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Lisan Al-Hal, Vol. 5 No 1.
Dapartemen Agama RI. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV. Darus Sunah.
Mochtar, Syamsudin. (2019). Studi Komparasi Pemikiran John Maynard Keynes dan Yusuf Qhardawi Tentang Produksi. Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 4 No. 2; Hal. 274-287.
Rufaidah, Erlina. (2015). Ilmu Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kahf, Monzer. (1997). Ekonomi Islam Telaah Analitik Terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sholihah, Imroatus. (2018). Teori Produksi dalam Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4 No. 2: (https://doi.org/10.36835/iqtishodiyah.v4i2.83)
Muin, Muhyina. (2017). PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP HASIL PRODUKSI MERICA DI DESA ERA BARU KECAMATAN TELULIMPOE KABUPATEN SINJAI. Jurnal Ekonomic, Vol. 5 No. 1; Hal 203-206.
Rifa’i, Veithzal & Andi. B. (2009). Islamic Economics Ekonomi Syariah Bukan Opsi, Tetapi Solusi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hafifuddin, Didin. (2003) Islam Aplikatif. Jakarta: Gema Insani.
Khusnul, M. K. (2019). IMPLEMENTASI PRINSIP PRODUKSI EKONOMI ISLAM PADA MEBEL IRA BERSAUDARA KOTA BENGKULU. Jurnal Ekonomi, Vol. 5 No. 1; Hal. 1-3
Purdanawati, S.L. (2015). PRILAKU PRODUSEN ISLAM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 01 No. 01; hal 37-46.
Suminto, Ahmad. (2020). Etika Kegiatan Produksi: Persepektif Etika Bisnis Islam. Islamic Economic Journal, Vol. 6 No. 1; hal. 123-130.
Suprawan, Lula. (2016). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PERUSAHAAN. Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 8 No. 2; 119-123.
Syarifuddin, Syarifuddin, et al. EKONOMI SYARIAH. Widina Bhakti Persada Bandung, 2020.