OPTIMALISASI SEKTOR PARIWISATA DI MASA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Indonesia telah dihantam pandemi covid-19 sejak Maret 2020, akibatnya perekonomian nasional mengalami perlambatan hingga kontraksi ekonomi terlebih pada sektor pariwisata yang mengalami kelumpuhan. Hal ini merupakan dampak yang tidak dapat terelakkan dari kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah, dengan mengharuskan pembatasan aktivitas sosial diberbagai tempat umum dan mengurangi mobilitas masyarakat untuk bepergian. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi langkah strategis dalam mengoptimalkan peran sektor pariwisata terhadap perekonomian nasional serta mengidentifikasi tantangan sektor pariwisata pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis kuliatif dengan mengkaji literatur dari berbagai sumber, seperti berita di media massa, hasil penelitian yang relevan, dan kebijakan pemerintah. Dari hasil analisis literatur diketahui bahwa terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan guna mengoptimalkan peran sektor pariwisata dalam perekonomian antara lain: penguatan nation branding pariwisata Indonesia, pemberian stimulus fiskal pada sektor pariwisata, penerapan setifikasi CHSE destinasi pariwisata dan pengembangan gagasan virtual tourism.
Downloads
Article Details
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Tazkiyya: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan dan Kebudayaan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
References
Apriliana, Eka Sri. 2020. Upaya Peningkatan Pendapatan Nasional Di Tengah Wabah Virus Corona Perspektif Ekonomi Islam. Al-Iqtishadiyah: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah Vol. 6, No. 1.
Baldwin, Richard and Beatrice Weder di Mauro, 2020. Economics In The Time Of COVID-19: The Economic Effects of A Pandemi, London: VoxEU CEPR Press.
BPS, 2020. Berita Resmi Statistik: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020. Jakarta: BPS.
Buhalis, D. 2000. Marketing The Competitive Destination Of The Future. Tourism Management, Vol. 21(1).
Burhanuddin, Chairul Iksan dan Muhammad Nur Abdi. 2020. Ancaman Krisis Ekonomi Global dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19). AkMen. Vol. 17 No. 1.
Chotijah, Siti. 2000. Reputasi Brand Wonderful Indonesia Saat Masa Pandemi Covid-19. JCommsci: Jurnal of Media and Comunication Science. Vol. 3, Spesial Issue.
Elistia, 2020. Perkembangan dan Dampak Pariwisata di Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). Universitas Muhammadiyah Jakarta, 10-11 Desember 2020.
Fasa, M. I., Febrianty, A., Khoerulloh, K., Arisa, A., Utami, W., Santoso, I. R., ... & Haerany, A. (2020). Eksistensi BISNIS ISLAMI di era revolusi industri 4.0. Penerbit Widina.
Feranika, Ayu dan Dini Haryati, 2020. Strategi Kebijakan Fiskal Terhadap Output dan Inflasi Pada Perekonomian Indonesia dalam Menghadapi Dampak Virus Covid-19. BIEJ: Business Innovation &Enttrepreneurship Journal, Vol. 2 No. 3.
Guttentag, D. A. 2010. Virtual Reality: Applications and Implications for Tourism, Jurnal Ilmiah, Tourism Management, Vol. 31 No. 5,
Hanoatubun, Silpa. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. EduPsyCouns Journal: Jurnal of Education, Psychology and Counseling. Vol. 2 No. 1.
Jagadtya, Kinanthi Harumni dan Revi Agustin Aisyianita.2020. Virtual Tour: Strategi Industri Pariwisata Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Jakarta Good Guide). Melancong: Jurnal Perjalanan Wisata, Destinasi, dan Hospitalitas, Vol. 3 No. 1
Sahoo, Pravakar and Ashwani. 2020. COVID-19 and Indian Economy: Impact on Growth, Manufacturing, Trade and MSME Sector. SAGE Journal, Global Business Review, 2020.
Sari, Deanita. 2020. Fenomena Ekonomi dan Perdagangan Indonesia di Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Aktiva: Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 4 No. 1.
Sowwam, Muhamad, dkk. 2018. Laporan Akhir Kajian Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. (Jakarta: LPEM-FEBUI).
Sugihamretha, I Dewa Gde. 2020. Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. The Indonesian Journal of Development Planing, Vol. IV No. 2.
Sugihamretha, I. D. G. 2020. Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, Vol. 4 No. 5
Utama, I Gusti Bagus Rai. 2016. Pemasaran Pariwisata, Denpasar: Universitas Dhyana Purba.
Wachyuni, S. S., & Kusumaningrum, D. A. 2020. The Effect of COVID-19 Pandemi: How are the Future Tourist Behavior? Journal of Education, Society and Behavioural Science, Vol. 33 No. 4.
