Hukum Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang (Studi Komparatif Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi’i)

Authors

  • Sherlyeni Erwinda Tari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.37035/syakhsia.v19i2.3319

Keywords:

Zakat, Firtah, Uang

Abstract

Sebagai  umat  Islam  sudah  menjadi  kewajiban  untuk  membayar  zakat.  Karena,  zakat  merupakan  Ibadah  Fardhu  dan  termasuk  kedalam  rukun  Islam  yang  ketiga.  Selain  shalat,  zakat  merupakan  ibadah  yang  mendekatkan  diri  dengan  Allah  SWT  dan  dapat  membantu  sesama  umat  dalam  berlangsungnya  kehidupan.  Zakat  terbagi  dua  yaitu  Zakat  Mal  (Zakat  Harta)  yang  dikeluarkan  ketika  sudah  mencapai  nishob  dan  Zakat  Fitrah  (Zakat  Badan)  yang  dikeluarkan  setiap  satu  tahun  sekali  pada  akhir  bulan  Ramadhan,  untuk  itu  disyariatkanlah  Zakat  Fitrah  sebagai  penyucian  diri  dan  untuk  membantu  menghindari  umat  Muslim  pada  hari  fitri  dari  meminta-minta.  akan  tetapi,  konteks  yang  ada  sekarang  pengeluaran  zakat  banyak  yang  menggunakan  uang  tunai,  dan  hokum  Zakat  Fitrah  dalam  bentuk  uang  menurut  berbagai  Madzhab  berbeda-beda  diantaranya,  madzhab  Hanafi  yang  membolehkan  zakat  fitrah  dengan  menggunakan  uang,  sedangkan  Madzhab  Syafi’i  harus  menggunakan  makanan.

Dari  latar  belakang  Di  atas  dapat  dirumuskan  masalah  sebagai  berikut:1).  Bagaimana  hukum  zakat  fitrah  dalam  bentuk  uang  menurut  Madzhab  Hanafi?  2).  Bagaimana  hukum  zakat  fitrah  dalam  bentuk  uang  menurut  Madzhab  Syafi’i?  3).  Bagaimana  analisis  penulis  tentang  hukum  zakat  fitrah  dalam  bentuk  uang?

Tujuan  penelitian  ini  adalah  Untuk  Mengetahui  Hukum  Zakat  Fitrah  dalam  Bentuk  Uang  Menurut  Madzhab  Hanafi.  Untuk  Mengetahui  Hukum  Zakat  Fitrah  dalam  Bentuk  Uang  Menurut  Madzhab  Syafi’i.  Untuk  mengetahui  Analisis  penulis  Tentang  Hukum  Zakat  Fitrah  dalam  Bentuk  Uang.

Penelitian  ini  merupakan  studi  kepustakaan  (library  research)  dengan  pendekatan  kualitatif,  yaitu  dengan  menggunakan  sumber  data  primer  yaitu:  Kitab  Sunan  Ad-Daruquthni,  Kitab  Bulughul  Maram,  Fiqh  Madzhahibul  ‘arba’ah  dan  Kitab  Imam  As Syaf’i  Al-Umm  Penerjemah:  Fuad  Syaifudin  Nur,  Penerbit  Republika  PT.  Pustaka  Abdi  Bangsa.

Kesimpulan hasil  dari  penelitian  ini  adalah  menurut  Madzhab  Hanafi  zakat  fitrah  tidak  harus  dengan  makanan  tetapi  bisa  dengan  uang.  Karena  yang  diperhitungkan  tercukupinya  kebutuhan  orang-orang  miskin  pada  hari  raya  idul  fitri.  Sedangkan  menurut  Madzhab  Syafi’i  bahwa  fitrah  itu  harus  dengan  makanan  pokok.  Karena  zakat  termasuk  pada  kategori  ibadah  mahdhoh  yang  termasuk  ketentuan  hadits  dan  tidak  dapat  diganti  dengan  apapun.  Menurut  penulis  bahwa  pendapat  Imam  Abu  Hanifah  lebih  memberikan  kemudahan  bagi  umat  dalam  menunaikan  zakat  fitrah.  Karena  itu  zakat  fitrah  dengan  menggunakan  uang  dinyatakan  sah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-09-22