Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Mengembangkan Maharoh Al-Istima’
(Studi Eksperimen di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
DOI:
https://doi.org/10.37035/syakhsia.v17i1.1113Kata Kunci:
Metode Hypnoteaching, Keterampilan menyimakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
penggunaan metode hypnoteaching, serta untuk mengetahui seberapa
efektif penggunaannya pada mahasiswa dalam mengembangkan
keterampilan menyimak di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin
Banten. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen di mana
peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok
(Eksperimen dan Kontrol). Populasi penelitian ini adalah
mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana
Hasanuddin Banten, dan untuk sampelnya adalah 70 mahasiswamahasiswi
jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) dari dua kelas
A dan B pada Fakultas Syariah.
Hasil dari penelitian ini adalah: ( 1) kemampuan
menyimak mahasiswa pada kelompok Eksperimen, baik, dengan
hasil rata-rata 86, dan (2) kemampuan menyimak mahasiswa
pada kelompok Kontrol, cukup, dengan hasil rata -rata adalah 80,
dan (3) tingkat efektifitas penggunaan metode hypnoteaching dalam
pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan
menyimak adalah mencapai nilai t -hitung (2,66) yang lebih besar
daripada nilai t-tabel pada tingkat 0,05 (1,99) dan pada tingkat
0,01 (2,64), { 1,99 < 2,66 > 2,64 }. Hal ini menunjukkan
bahwa penggunaan metode hypnoteaching dalam pengajaran bahasa
Arab untuk mengembangkan keterampilan menyimak adalah
efektif.






2.png)
