PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN ISLAM

Studi Di Pesantren Modern di Banten

Authors

  • Hafid Rustiawan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Keywords:

Pendidikan, multikulturalisme, system, pesantren al-Mansur Darunnajah 3

Abstract

Pendidikan multikultural di pesantren Al-Manshur Darunnajah sudah dilaksanakan semenjak berdirinyanya pesantren tersebut. Hal ini didasarkan kepada kurikulum pendidikan yang digunakan di pesantren al-Manshur Darunnajah 3 ciomas Serang Banten yang menggunakan dua sistem kurikulum, yakni kurikulum yang ditentukan berdasarkan PERMENDIKNAS dan kurikulum yang dibuat oleh pesantren yang dipergunakan untuk di lingkungan pesantren Darunnajah.
Pendidikan multikultural dalam sistem pendidikan Islam dilaksanakan, bukan hanya sekedar kebutuhan peserta didik atau kondisi sosial masyarakat yang multikultural, melainkan lebih karena ajaran Islam yang mengandung ajaran tentang multikultural, sehingga pelaksanaannya lebih disebabkan sebagai upaya
pengamalan ajaran Islam. Hasil pendidikan multikultural di pesantren al-Manshur Darunnajah, belum maksimal. Hal ini terbukti bahwa peserta didik lebih memahami tentang multikultural antar umat beragama dari pada memahami multikultural interen beragama, padahal memahami multikultural intern beragama harus lebih diutamakan, sebab para santri/peserta didik akan lebih banyak hidup bersama yang seagama dari pada yang berbeda agama, sehingga multikultural interen umat beragama lebih ditemukan daripada multikultural antar umat beragama.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hafid Rustiawan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN SMH Banten

Published

2017-06-16