PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN ISLAM
Studi Di Pesantren Modern di Banten
Keywords:
Pendidikan, multikulturalisme, system, pesantren al-Mansur Darunnajah 3Abstract
Pendidikan multikultural di pesantren Al-Manshur Darunnajah sudah dilaksanakan semenjak berdirinyanya pesantren tersebut. Hal ini didasarkan kepada kurikulum pendidikan yang digunakan di pesantren al-Manshur Darunnajah 3 ciomas Serang Banten yang menggunakan dua sistem kurikulum, yakni kurikulum yang ditentukan berdasarkan PERMENDIKNAS dan kurikulum yang dibuat oleh pesantren yang dipergunakan untuk di lingkungan pesantren Darunnajah.
Pendidikan multikultural dalam sistem pendidikan Islam dilaksanakan, bukan hanya sekedar kebutuhan peserta didik atau kondisi sosial masyarakat yang multikultural, melainkan lebih karena ajaran Islam yang mengandung ajaran tentang multikultural, sehingga pelaksanaannya lebih disebabkan sebagai upaya
pengamalan ajaran Islam. Hasil pendidikan multikultural di pesantren al-Manshur Darunnajah, belum maksimal. Hal ini terbukti bahwa peserta didik lebih memahami tentang multikultural antar umat beragama dari pada memahami multikultural interen beragama, padahal memahami multikultural intern beragama harus lebih diutamakan, sebab para santri/peserta didik akan lebih banyak hidup bersama yang seagama dari pada yang berbeda agama, sehingga multikultural interen umat beragama lebih ditemukan daripada multikultural antar umat beragama.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



