KINERJA SEKOLAH DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF KONSEP DAN MODELSEKOLAH EFEKTIF

Authors

  • Eddi Supriadi UPSI Malaysia
  • Marinah Marinah UPSI Malaysia
  • Abdu Raheem Bin Muhammad Yusof UPSI Malaysia

Keywords:

Kinerja Sekolah, Standar Nasional Pendidikan Indonesia, Pencapaian Akademik Pelajar

Abstract

Kinerja sekolah ditunjukkan oleh peningkatkan pencapaian akademik pelajar pelajarnya. Tercapaianya kinerja sekolah di suatu negara memerlukan dukungan Pemerintah yang dapat menetapkan standar nasional pendidikan yang diatur dalam peraturan perundang-undangannya. Negara Republik Indonesia telah menetapakan kinerja sekolah yang diatur dalam standar nasional pendidikan Indonesia. Standar nasional pendidikan Indonesia meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan dan standar penilaian. Kienrja kompetensi lulusan di Indonesia bersesuaian dengan pandangan: Mortimore (1991), DeRoche (1987), Sergiovanni (1987 dan Shahril Marzuki (1997). Kinerja tenaga pendidik dan kependidikan bersesuaian dengan pandangan Brookover, et al., (1979), Levine dan Lezotte (1990 dan Edmond (1979). Kienrja isi pendidikan
bersesuaian dengan pandangan Mortimore (1991 dan MacBeath & Mortimer (tahun 2001). Kinerja proses sekolah bersesuaian dengan pandangan Mortimore (1991). Kinerja sarana prasarana bersesuaian dengan The Phi Delta Kappa (1981 dan Levine dan Lezotte (1990). Kinerja pengelolaan bersesuaian dengan pandangan Weber (1971), The Phi Delta Kappa (1981), Brookover, et al., (1979), Mortimore, et al., (1988), dan Edmond (1979) dan kinerja penilaian pendidikan bersesuaian dengan pandangan Edmond (1979).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eddi Supriadi, UPSI Malaysia

UPSI Malaysia

Marinah Marinah, UPSI Malaysia

UPSI Malaysia

Abdu Raheem Bin Muhammad Yusof, UPSI Malaysia

UPSI Malaysia

Published

2017-06-15