PENGUKURAN DAN PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PERGURUAN TINGGI
Keywords:
Kualitas pelayanan, SEVRQUAL, Jarak kualitas, ISO 9000Abstract
Kualitas layanan perguruan tinggi dapat dilihat secara deksriptif kuantitatif dan secara kualitatif. Secara kuantittif kualitas layanan perguruan tinggi bila mengacu kepada model SERVQUL dengan melihat skor rata-rata kualitas layanan yang diharapkan dibandingkan dengan skor rata-rata yang diterima dengan rentang skor 1 – 5 yang terbagi dalam kategori, rendah, sederhana dan tingi. Pengukuran dan penilaian deskriptif kuantitatif kepuasan atas layanan perguruan tinggi dengan rentang antara -0.400 s/d 4,00 terbagi dalam ketegori sangat tidak memuasakan, tidak memusakan, memuaskan, baik dan cemerlang. Dan pengukuran dan penilaian kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran di perguruan tinggi dilakukan dengan mendeskripsikan rata-rata kepuasan yang dicapai mahasiswa dengan rentang skor 1 – 4, terbagai dalam kategori rendah, sederhana dan tinggi. Menurut model SERQUAL secara kwalitatif mutu layanan dapat diukur dan dinilai dengan: berwujud, keterandalan, pemberian tanggapan terhadap keluhan, pemberian jaminan dan sikap empati. Dan menurut ISO 9000 2008 mutu dapat diukur dari tanggungjawab manajemen, manajemen sumber, penghasilan pelayanan dan pengukuran, penganalisaan, keperluan pelanggan, kepuasan pelanggan dan penambahbaikan secara terus menerus. Ukuran kualitas pelayanan perguruan tinggi yang paling nyata adalah mahasiswa dapat menyelesaiakan masa studi tepat waktu atau kurang dari yang ditetapakan. Potensi, bakat dan minatnya berkembang secara maksimal melebihi dari yang diharapkan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



