PESANTREN SEBAGAI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM

Pesantren Akomodatif dan Alternatif

Authors

  • Muhajir Muhajir Institut Agama Islam Negeri “SMH” Banten

Keywords:

pesantren, akomodatif, alternatif, perkembangan zaman

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia yang dinamis dalam merespon perkembangan zaman. Keunikan lembaga pendidikan pesantren berbeda dengan sistem madrasah dan sekolah umum yang telah terintegrasi dengan sistem pendidikan nasional. Perkembangan pesantren ke arah lembaga pendidikan Islam modern perlu diwujidkan dengan terobosan-terobosan baru dengan cara pertama, membuat kurikulum terpadu, gradual, sistematik, egaliter yang bersifat bersifat buttom up (tidak top down). Kedua, melengkapi sarana penunjuang proses pembelajaran, seperti perpustakaan buku-buku klasik dan kontemporer; majalah, sarana berorganisasi, sarana olah raga, internet. Ketiga, memberikan kebebasan kepada santri yang ingin mengembangkan talenta mereka masing-masing, baik yang berkenaan dengan pemikiran, ilmu pengetahuan, teknologi, maupun kewirausahaan. Keempat, menyediakan wahana aktualisasi diri di tengah-tengah masyarakat. Beberapa terobosan tersebut memungkinkan sekali pesantren akan tumbuh berkembang mengatasi problem pendidikan masa depan dengan dua keunggulan sekaligus –karena mengakomodasi pendidikan formal seperti madrasah dan sekolah umum– yaitu keunggulan spiritual keagamaan, yang merupakan misi pokok pesantren dan keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena memasukkan pendidikan formal di  pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhajir Muhajir, Institut Agama Islam Negeri “SMH” Banten

Institut Agama Islam Negeri “SMH” Banten

Published

2017-06-15