NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH NABI YUSUF AS DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AKHLAK DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v6i2.4153Kata Kunci:
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Kisah Nabi Yusuf AS, Implikasi Pendidikan Akhlak di SekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kisah Nabi Yusuf AS dan mengetahui bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Yusuf As pada pendidikan akhlak di sekolah. Hal ini berlandaskan bahwa kisah Nabi Yusuf AS didalam Al Quran merupakan diantara salah satu kisah terbaik yang memuat tentang nilai-nilai pendidikan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) terhadap naskah tulisan dalam buku yang terkait dengan pendidikan akhlak, dan kisah Nabi Yusuf AS serta implikasinya pada pendidikan akhlak di sekolah. Pengumpulan data-data dilakukan dengan beberapa literatur atau buku-buku yang terdiri atas data primer dan sekunder yaitu : 1).Data primer, diambil dari Al Quran dan tafsir serta Hadits, dan buku-buku mengenai kisah nabi Yusuf AS. 2) Data sekunder, diambil dari selain Al-Quran dan Hadits mengenai kisah-kisah nabi Yusuf AS, yaitu dari kamus-kamus, buku-buku pendidikan dan akhlak, kisah para nabi dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah Nabi Yusuf As diantaranya: nilai kejujuran, nilai keimanan, nilai tanggung jawab, nilai moral, dan nilai sabar, yang mana nilai-nilai tersebut dapat dijadikan motivasi bagi pendidikan akhlak dalam membangun pribadi yang berakhlak mulia, dan dijadikannya kisah bukan hanya sekedar kisah tapi suatu nilai pelajaran yang dapat diambil hikmahnya dan suatu bentuk strategi pembelajaran di sekolah dimana di dalamnya tidak sekedar kisah tapi ada beberapa metode salah satunya metode dakwah melalui kisah.





