PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF HAMKA
Tela’ah Tafsir Al-Azhar Al-Qur'an Surat Al-Mu’minun ayat 1-9
DOI:
https://doi.org/10.32678/qathruna.v7i2.3534Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Hamka, Tafsir Al-AzharAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Quran surat Al-Mu’minun ayat 1-9, dengan menelaah tafsir Al-Azhar. Penelitian ini termasuk kualitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research), dengan sumber data primer tafsir Al-Azhar, dan sumber data sekunder buku-buku yang membahas pokok permasalahan secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data, keabsahan dan analisis data yang digunakan yaitu dokumentasi, triangulasi teori dan analisis isi (content analysis). Hasil analisis penulis terhadap Q.S. Al-Mu’minun ayat 1-9, dengan menela’ah Tafsir Al-Azhar, bahwa Allah SWT telah menetapkan keberuntungan yang sangat besar bagi orang-orang mukmin yang memiliki 7 (tujuh) sifat kebaikan, yaitu: beriman, khusyu dalam mengerjakan shalat, berpaling dari hal-hal yang tidak berguna, membersihkan diri dengan menunaikan zakat, memelihara kemaluan, memelihara amanat dan janji, serta memelihara shalat. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat 7 (tujuh) nilai pendidikan karakter yang perlu diajarkan kepada peserta didik sejak usia dini yaitu (1) beriman, mengandung karakter jujur terdapat pada ayat ke 1; (2) khusyu’ dalam mengerjakan shalat, mengandung karakter percaya diri, terdapat pada ayat ke 2; (3) berpaling dari hal-hal yang tidak berguna, mengandung karakter bersikap kritis terdapat pada ayat ke 3; (4) membersihkan diri dengan menunaikan zakat, mengandung karakter peduli yang terdapat pada ayat ke 4; (5) memelihara kemaluan, mengandung karakter tegas terdapat pada ayat ke 5-7; (6) memelihara amanat dan janji,mengandung karakter bertanggung jawab terdapat pada ayat ke 8; (7) memelihara shalat, mengandung karakter disiplin terdapat pada ayat ke 9.





