EVALUASI PENDIDIKAN PERSFEKTIF ISLAM
Kata Kunci:
Al-Imtihan, Riyadhoh, Al-hisab, As-Shidiq, Tabsyir, Al-‘IqabAbstrak
Pendidikan memainkan peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun disadari bersama, pada proses dan pelaksanan pendidikan dibeberapa lembaga pendidikan masih jauh dari yang diharapkan. keberadaan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi umat manusia dalam segala aspek kehidupan. Seyogyanya dapat dijadikan langkah solutif untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan tersebut di atas, dengan mengaplikasikan dan mengimplementasikan evaluasai pendidikan perspektif Islam secara komperhensip dan universal pada dunia pendidikan.
Evaluasi pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Prinsip-prinsip evaluasi pendidikan perspektif Islam meliputi mengacu pada tujuan, dilaksanakan secara obyektif, bersifat komprehensif atau menyeluruh dan dilaksanakan secara terus menerus atau kontinu (istiqomah). Secara umum tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan perspektif Islam untuk: menguji, mengetahui, mengklasifikasi, mengukur, perbaikan, memberikan tabsyir (berita gembira) dan ‘iqab/nadir (siksa/kabar buruk).





