PENGARUH BANK KELILING TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KAMPUNG ROKE, DESA NEGLASARI

Authors

  • Lailatul Aliyah Lailah Mahasiswi
  • Erlinda
  • Puspa Nur Afifah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Fera Fajriah
  • Abid Johana

DOI:

https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v8i2.7457

Keywords:

Bank Keliling, Kesejahteraan, Masyarakat

Abstract

Bank keliling banyak sekali beredaran di kampung-kampung atau pelosok, bank keliling ini merupakan sebuah bank mandiri atau milik perorangan yang meminjamkan uang kepada masyarakat di kampung. Masyarakat sendiri meminjam uang untuk kepentingan pribadinya entah dalam mensejahterakan keluarga atau dalam memenuhi keinginan semata. Terdapat populasi sebanyak 150 kepala keluarga yang ada di Kampung Roke dan 40 sampel yang mengisi kuesioner tentang pengaruh bank keliling terhadap kesejahteraan keluarga di Kampung Roke, sehingga jika di persentasekan maka berjumlah 27 % yang menggunakan bank keliling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisoner kepada masyarakat yang ada di kampung Roke untuk menganalisis data. Peneliti menggunakan teknik sampling Non Probability Samping yaitu Sampling Purposive yang mana teknik sampling ini memiliki ketentuan dalam mengisi kuisoner, artinya hanya orang-orang yang meminjam pada bank keliling yang bisa mengisi kuisoner ini. Sebelum menyebarkan kuisoner peneliti terlebih dahulu menguji validitas pada pertanyaan-pertanyaan yang akan di ajukan, terdapat 15 pertanyaan yang valid teridiri dari variable X dan variabel Y. Setalah uji validitas maka kuisoner Pengaruh Bank Keliling Terhadap Kesejahteraan Keluarga di Kampung Roke dapat disebar. Setelah itu lanjut ke analisis korelasi, apabila berkolerasi maka bisa di lanjutkan ke regresi. Dari hasil yang di peroleh terdapat korelasi antara kedua variabel. Dari pengolahan data diperoleh nilai signifikannya 0,000 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara kedua variabel dengan derajat hubungan korelasinya sedang karena nilai pearson correlationnya 0,592 (0,41-0,60) dan adanya pengaruh bank keliling (X) terhadap kesejahteraan keluarga (Y) sebesar 35,1%.

Kata kunci : Bank Keliling, Kesejahteraan, Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, Puspa Nur., Sodikin, Ahmad., Wajdi, M. Farid. 2022. "Analisis Implementasi Niali ANEKA Terhadap Pelayanan Peminjaman Aula Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19" Volume 5 Nomor 1:27-33.

Agustianti, Lusi. 2020. “Perilaku Sosial Ibu Rumah Tangga Pemakai Jasa Bank Keliling.” 1.

Anamanaturrohim Hanifah. 2016. “Pengaruh Pendapatan Dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi.” 469.

Anggraeni, Lisa Dewi. 2020. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Muslim Menggunakan Jasa ‘Bank Emok’ Di Desa Cilalawi Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta.” Volume 4 Nomor 2:171.

Arianto, A. (2012). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial, Jakarta: Rajawali Pers.

Hardiyan, Yodie. 2020. “Mengenal Bank Keliling Yang Populer Di Kalangan Masyarakat Menengah Kebawah.” 24 Agustus 2020. Retrieved November 28, 2022

Husain, N.H., Moonti, U., dan Maruwae, A. (2022). Pengaruh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Iluta Kecamatan Batuda’a Kabupaten Gorontalo. Volume 5 Nomor 2 Hal. 868 - 877.

Larasati dan Setiawan, Rizki. 2022. “Perilaku Meminjam Masyarakat Pengguna Jasa Bank Keliling.” Volume 6:10811.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita, SPSS VS Lisrel Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Badri. 2012. “Implikasi Operasional Bank Keliling Terhadap Eksistensi Koperasi Pengusaha Batik Tembayat Kecamatan Bayat, Klaten.” 27–28.

Wahyuni, Noor. 2014. “Uji Validitas Dan Reliabilitas.”

Downloads

Published

2022-12-31 — Updated on 2022-12-31

Versions