EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI PECAHAN DI SD N 327 SINUNUKAN

Penulis

  • Torang Siregar UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
  • Almira Amir Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan
  • Anita Adinda Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9398

Kata Kunci:

Kata Kunci: Canva, Media Pembelajaran Interaktif, Pecahan.

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif berbantuan aplikasi canva untuk materi pecahan kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data diperoleh melalui 3 cara yaitu dengan: observasi, wawancara, dan kuisioner. Media ini di validasi oleh ahli materi, ahli media serta melakukan uji kelayakan kepada siswa kelas V SD yang berjumlah 30 siswa. hasil validasi ahli materi memperoleh skor presentasi 93% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli media memperoleh skor presentasi 93% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil respon peserta didik dapat diperoleh skor presentasi 89% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini media pembelajaran interaktif berbasis canva sangat layak digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa kelas V SD.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31 — Diperbaharui pada 2023-12-31

Versi

Terbitan

Bagian

Articles