Crowdsourcing: Strategi Branding Dalam Memaksimalkan Produk Pemasaran Emping Melinjo (Studi Pada Produk Emping di Kampung Tigamaya)

Penulis

  • Fizly Aulia UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Dhiza Yulia Sangkarini UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Kurotun Aini UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Husnul Karomah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Neta Ardiyanti UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/dedikasi.v15i2.7694

Kata Kunci:

Crowdsourcing, Strategi Branding, Emping, Kampung Tigamaya

Abstrak

Abstract: Penelitian ini terfokuskan pada pemberdayaan ekonomi yang ada di Kampung Tigamaya dalam memaksimalkan produk pemasaran emping melinjo. Seiring dengan perkembangan zaman berbagai bisnis usaha saat ini sangat beragam dan memiliki perubahan yang signifikan khususnya dalam bisnis yang berasal dari para ibu rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi branding dalam pemasaran produk emping melinjo di Kampung Tigamaya, Desa Telagaluhur, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang. Motode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan analisa objek, fenomena atau temuan yang dicantumkan dalam tulisan bersifat naratif. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa hasil pengolahan emping dijual kepada distributor. Penjual emping di Kampung Tigamaya sebenarnya dapat bersaing dengan produk kompetitor lainnya, namun karena produk pemasaran emping belum memiliki ciri khas yang menonjol seperti nama brand yang menjadi nilai tambahan tersendiri, para pengrajin emping melinjo hanya dapat memasarkan melalui distributor. Maka diharapkan dengan menggunakan Strategi Crowdsourcing dalam pemasaran produk dapat meningkatkan kompetensi branding dan kemajuan dalam pengolahan emping rumahan di Kampung Tigamaya.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30 — Diperbaharui pada 2023-02-07

Versi

Terbitan

Bagian

Articles