Sinergi Tokoh Masyarakat dan Agama dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Keagamaan di Kampung Serdang Lor, Kota Serang

Penulis

  • Syifaun Najat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Alan Maulana Yasir Universitas Jayabaya Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32678/dedikasi.v17i1.11030

Kata Kunci:

Community, Education, Religion

Abstrak

Serdang Lor Village, Serang City, Banten, adalah contoh sinergi yang kuat antara tokoh sosial dan agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan agama. Penelitian ini mengeksplorasi peran dan kontribusi mereka dalam merumuskan, menerapkan, dan mengevaluasi program tersebut. Data dikumpulkan melalui diskusi kelompok fokus dengan tokoh masyarakat dan agama, serta pengamatan lapangan. Temuan menunjukkan bahwa sinergi ini telah meningkatkan kualitas pendidikan dan agama di desa. Serdang Lor Village, Serang City, Banten, adalah salah satu contoh komunitas yang menunjukkan sinergi yang kuat antara tokoh publik dan agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan agama. Artikel ini mengkaji peran dan kontribusi orang dan agama dalam merumuskan, menerapkan, dan mengevaluasi program pendidikan dan agama di Desa Serdang Lor. Data dikumpulkan melalui diskusi kelompok fokus dengan orang dan tokoh agama, serta pengamatan lapangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tokoh sosial dan agama memainkan peran penting dalam: 1) mengidentifikasi kebutuhan pendidikan dan agama masyarakat; 2) merumuskan program yang memenuhi kebutuhan tersebut; 3) memotivasi dan memobilisasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam program tersebut; 4) memantau dan mengevaluasi efektivitas program tersebut. Sinergi antara tokoh-tokoh sosial dan agama telah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan agama di Desa Serdang Lor. Peran mereka ditemukan sangat signifikan melalui studi yang melibatkan diskusi kelompok fokus dengan komunitas dan tokoh agama, serta pengamatan lapangan. Mereka terlibat dalam mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, merumuskan program yang tepat, memotivasi partisipasi publik, dan secara teratur memantau dan mengevaluasi program. Kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan minat anak-anak dalam belajar dan partisipasi masyarakat, tetapi juga memperkuat pemahaman agama dan roh royong gotong. Efisiensi sinergi ini didasarkan pada keyakinan publik, komunikasi yang efektif, dan komitmen tinggi dari kedua tokoh publik dan agama yang terlibat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-15

Terbitan

Bagian

Articles