Analisis SOAR pada Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah BRI Syariah IB PT BRI Syariah KCP Mojosari-Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.32678/bs.v7i2.3653Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SOARAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mewujudkan visi PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Mojosari-Mojokerto pada strategi pemasaran produk Tabungan Faedah BRISyariah iB dengan menggunakan elemen bauran pemasaran 9P yang terdiri dari Proses, Orang, Produk, Harga, Tempat, Promosi, Bukti fisik, Janji, Sabar dan analisis SOAR. Analisis SOAR merupakan alternatif dari analisis SWOT yang mana analisis SOAR (Strength, Opportunity, Aspiration, Result) dilakukan untuk menganalisis kondisi perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran produk Tabungan Faedah Bank Rakyat Indonesi Syariah iB PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Mojosari-Mojokerto serta mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Mojosari-Mojokerto berdasarkan analisis SOAR. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan data penelitian bersumber dari hasil wawancara, observasi dan dokumen. Lokasi penelitian berada di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Mojosari-Mojokerto. Dan hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu ditemukannya strategi pemasaran yang sesuai dengan bauran pemasaran 9P serta hasil dari analisis SOAR yaitu ditemukannya strategi guna meningkatkan strategi pemasaran produk Tabungan Faedah BRISyariah iB yaitu Perluasan jaringan pemasaran, Maksimalnya mekanisme pemasaran, Melakukan kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam rana keuangan syariah, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan Meningkatkan promosi produk Tabungan Faedah BRISyariah iB ditengah-tengah bank konvensional.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SOAR
Unduhan
Referensi
Assauri, Sofjan. Strategic Manajemen, Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali, 2014
Assauri, Sofyan. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Jamil, Akhmad Sobrun & M. Mujtaba Mitra Zuana. Entrepreneurship for Independence, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2019.
Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Manap, Abdul. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.
Sulhan, M. dan Ely Siswanto. Manajemen Bank Konvensional dan Syariah. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Hinrichs G. dan J. M. Stavros, The Thin Book of SOAR: Building strengths-based strategy. Thin Book Publishing, 2009.
Jurnal:
Entaresmen, R. Ajeng, “Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan iB Hasanah di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang X”, Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol. 1, 2016, 10.
Fitri, Nana Yulia & Nurhadi, “Analisis dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMK Yadika Jambi”, Manajemen Sistem Informasi, Vol. 1, 2017, 2.
Kavanillah, Desy & Ahmad Ajib Ridlwan, “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Andita Syariah Surabaya”, Servive Marketing Mix, Vol. 2, 2018, 15.
Rahma Sandhi Prahara dkk, “Strategic Development of Nature Tourism using SOAR Analysis”, International Journal of Advance Science and Technology, Vol. 6, No. 29 (2020), 2.
Website:
“Kabupaten Mojokerto Dalam Angka 2020”, dalam https://mojokertokab.bps.go.id (20 Juni 2020).
Brosur:
Brosur BRISyariah KCP Mojosari-Mojokerto.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 iis ayu agustina, Rahma Sandhi Prahara, Akhmad Sobrun Jamil

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









