Efektifitas Penerepan Media Pembelajaran Flannelgraph Terhadap Minat Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Al-Khairiyah Kotasari ( Studi Eksperimen )

Authors

  • Latifah
  • Latifah

Keywords:

Media Pembelajaran, Flanelgraph, Minat Belajar

Abstract

Robi Ibrohim. 171210022. 2022. Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Flannelgraph Terhadap Minat Belajar Al Qur’an Hadits (Studi Eksperimen Di Mts Al Khairiyah Kotasari Cilegon). 

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas eksperimen dalam proses pembelajaran  Al-Qur’an Hadits di MTs AL-Khairiyah Kota Sari Cilegon, Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas kontrol dalam pembelaran Al-qur’an Hadits di MTs AL-Khairiyah Kota Sari Cilegon, Untuk mengetahui Perbedaan hasil perlakuan antara kelas eksperimen dengan kelas control terhadap minat belajar siswa/I  pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : Minat belajar siswa dalam pembelajaran  Al-Qur’an Hadits di MTs AL-Khairiyah Kota Sari Cilegon di kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,16. Hal tersebut menunjukan minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada kelas eksperimen yang diterapkan media pembeljaran flannelgraph cukup baik.Minat belajar siswa dalam pembelajaran  Al-Qur’an Hadits di MTs AL-Khairiyah Kota Sari Cilegon di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,6 . Hal tersebut menunjukan minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada kelas kontrol yang tidak diterapkan media pembeljaran flannelgraph kurang baik.Minat belajar siswa dalam pembelajaran  Al-Qur’an Hadits di MTs AL-Khairiyah Kota Sari Cilegon pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan adanya perbedaan. Hal itu dibuktikan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada data minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukan nilai  = 6,70 dan  = 1,994 karena tidak berada pada interval  maka  ditolak sedangkan  diterima. Dan hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa antara kelas eksperimen yaitu proses pembelajaran yang diterapkan media pembeljaran flannelgraph dan kelas kontrol yaitu proses pembelajaran yang tidak diterapkan media pembeljaran flannelgraph.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28