Telaah Epistemik Kapita Selekta Pendidikan Islam: Belajar Sepanjang Hayat
Keywords:
epistemik, Kapita Selekta Pendidikan islam, Belajar Sepanjang Hayat, Pendekatan Heuristic TeoriticalAbstract
Pendidikan Islam tidak akan dinilai cukup dan selesai dengan usia tertentu, pada setiap rentang usia akan diperlukan pengetahuan keagamaan. Secara factual akan terus memperoleh pengetahuan baru seiring aktivitas hidup. Dalam perkembangan tersebut, pengertian pendidikan dibatasi dengan pengaruh paradigma yang dikembangkan. Pendidikan Islam mulai dikonstruksikan secara struktural ke dalam jenis tahapan berjenjang, melibatkan sifat administrative dan sistematik. Seolah pendidikan Islam hanya terentang dalam satu rantai tahapan sebagaimana dikenalkan dalam kapita selekta pendidikan Islam. Dilihat dari sudut pandang episteme pendidikan, pendidikan Islam merupakan format Pendidikan sepanjang hayat yang merentang dari pendidikan formal, nonformal hingga informal, namun telah mengalami bias. Bias yang dipengaruhi oleh sejarah pendidikan dan pragmatisme modern. Oleh karena itu dapat diajukan pertanyaan terkait konsekuensi-konsekuensi apa saja yang akan muncul akibat kekeliruan paradigm dalam pemaknaan pendidikan Islam di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan pendekatan heuristic teoritical untuk menganalisis dasar paradigmatic Pendidikan Sepanjang Hayat di Indonesia..
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.