Model Keteladanan Pengelolaan Pendidikan Islam K. H. Hasyim Asyari

Authors

  • Suhada
  • Anis Fauzi
  • Rijal Firadaos

Keywords:

Model Kepemimpinan, Keteladanan, Pendidikan Islam, KH Hasyim Asy'ari

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan menjelaskan dampak intelektual K. H. Hasyim Asyari terhadap penyelenggaraan pendidikan Islam. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang mencakup kegiatan membaca, menulis, dan menganalisis bahan penelitian, serta memanfaatkan strategi pengumpulan informasi yang berpusat di perpustakaan. Penulis menggunakan analisis isi sebagai metode untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Analisis isi digunakan untuk membandingkan temuan suatu penelitian dengan penelitian lain yang berkaitan dengan isu yang sama. Buku teks dan artikel Jurnal berfungsi sebagai sumber pengetahuan yang digunakan untuk penyusunan artikel ini. Permasalahan penelitian berkisar pada dua pertanyaan kunci: “Bagaimana definisi pendidikan Islam yang dikemukakan oleh K. H. Hasyim Asyari?” dan “Apa dampak intelektual spesifik K. H. Hasyim Asyari terhadap kemajuan pendidikan Islam kontemporer?”.  Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa gagasan K. H. Hasyim Asyari tentang konseptualisasi pendidikan Islam sebagaimana ditemukan dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan dampak gagasan K. H. Hasyim Asyari terhadap pelaksanaan pendidikan Islam dapat ditemukan dalam rumusan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-17