Bagaimana Kepemimpinan Reflektif Dalam Pendidikan ?

Authors

  • Asyrofatun Nisa
  • Dede Safira
  • Mochamad Da’i Awawin

Keywords:

Kepemimpinan, Reflektif, Pendidikan

Abstract

Pendidikan memiliki posisi yang sangat strategis untuk membangun karakter anak bangsa karena untuk memajukan kualitas pendidkan dengan didasari dalam memperkuat bangunan pemikiran siswa, maka dari itu perlunya untuk melatih kepemimpinan yang relatif mengajarkan kepada siswa serta membangun nilai-nilai agama yaitu beriman, berilmu, beramal. Sementara itu kepemimpinan yang paling reflektif dalam pendidkan yaitu mengacu kepada 4 sifat rasul shidiq, amanah, fathanah, tabligh, pemimpin harus mengedepankan hal itu, agar bisa mencetak siswa yang berkualitas akademis. Fenomena yang sekarang terjadi guru hanya mentransfer keilmuan tanpa tahu apa yang harus sebenarnya disampaikan atau bisa dikatakan mentransfer akhlak dan kepemimpinan atau melakukan brainstroming terhadap siswa karena kelak ia menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan menjadi pemimpin bagi negara, maka dari itu kepemimpinan harus melekat dalam pendidikan. Penulisan ini berdasarkan hasil analisis kepemimpinan dalam pendidikan agar mendongkrak tingkat pendidikan yang ada di Indonesia, serta siswa harus mempertajam daya nalar kritis, guru juga harus menerapkan pembelajaran 4C (Comunication, Coloboration, Critical Thingking, Creative) itulah yang sering digaungkan sesuai tuntutan zaman abad 21. Dengan demikian sebagai calon pendidik, harus sadar akan potensi yang dimiliki siswa. Untuk melaksanakan perannya guru harus mengacu aspek-aspek pendidikan, yaitu mencerminkan kewibawaannya sebagai pendidik, mengenal karakter individual siswa, serta sadar transformasi masyarakat yang begitu signifikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-13