PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PERANCANGAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Sholeh Hidayat Universitas Tirtayasa, Serang-Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/alqalam.v25i2.1684

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh; pertama, strategi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran; dua, kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran; ketiga, interaksi antara strategi belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran. Kasus kajian ini terjadi pada program studi DII jurusan pendidikan guru Taman Kanak-kanan FKIP Universitas Tirtayasa, semester dua tahun akademik 2006-2007, dengan sample sebanyak 44 orang.
Tulisan ini menyajikan bahwa; pertama, kemampuan merancang pembelajaran bagi siswa yang mendapat strategi belajar kooperatif lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat strategi belajar ekspositori; kedua, kemampuan merancang pembelajaran bagi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi lebih sesuai dengan strategi pembelajaran kooperatif; ketiga, siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah dalam merancang pembelajaran lebih cocok dengan strategi belajar ekspositori; keempat, ada interaksi antara penggunaan strategi belajar dan kecerdasan interpersonal yang memberikan pengaruh yang berbeda dalam merancang pembelajaran.

Kata kunci: strategi belajar, pembelajaran koopertaif, pembelajaran ekpositori, kecerdasan interpersonal, rancangan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2008-08-29