PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Asep Supriadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang-Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/alqalam.v22i1.1441

Abstract

Studi ini mentpakan kajian tentang perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan permintaan dan konsumsi yang dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu dilihat berdasarkan perilaku umum yang berlandaskan cirri-ciri pengambilan keputusan konsumen menurut teori ekonomi modern dan budaya masyarakat yang terus berkembang yang mengutamakan kepuasan dalam memilih, meminta dan mengkonsumsinya. Dilain pihan studi ini berlandaskan pula pada pandangan Islam dimana perilaku konsumen di dalam memilih dan mengkonsumsi barang atau jasa dilandasi atau dipengaruhi oleh semangat Islam yang didasari oleh norma-norma Islam yaitu Al-Quran dan Hadist Rosullulah SAW.

Berdasarkan sudut pandang ekonomi modern bahwa secara umum perilaku konsumen dalam melakukan pemilihan dan permintaan suatu barang atau jasa dipengaruhi oieh faktor internal dan eksternal yang dapat berupa kebudayaan, kelas sosial, organisasi, kelompok sosial, referensi, keluarga dan media. Yang semuanya tercipta untuk mendorong konsumen mengambil keputusaan melakukan pemilihan, permintaan dan atau pembelian dengan tujuan kepuasan semata.

Sedangkan berdasarkan sudut pandang Islam mengenai pola perilaku konsumen dalam mengkonsumsi barang atau jasa dilandasi oleh aliran-aliran yang berlaku dalam Islam, mulai dari barang yang boleh dikonsumsi sampai pada tatatertib jual beli serta pengaruh sosial dan individu dalam berkonsumsi.

Kata Knnci: Perilaku, Konsumen, Keputusan, Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2005-04-29