PARADIGMA PENDIDIKAN DALAM ISLAM

Studi Surat Al-Alaq ayat 1 – 5

Penulis

  • Ifa Fathonah Institut Ilmu Al - Qur'an (IIQ) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32678/alfath.v18i1.11071

Kata Kunci:

Paradigma Pendidikan Islam, Surat Al – Alaq, Karakter Spiritualitas

Abstrak

Pendidikan dalam Islam memiliki landasan teologis dan filosofis yang mendalam, salah satunya dapat ditemukan dalam Surat Al-Alaq ayat 1-5. Ayat-ayat ini, yang merupakan wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, memberikan panduan penting tentang prinsip-prinsip dasar pendidikan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan paradigma pendidikan Islam dengan menelaah makna dan implikasi dari Surat Al-Alaq ayat 1-5. Penelitian ini mengkaji bagaimana konsep membaca, penciptaan manusia, dan pengajaran melalui pena sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat tersebut membentuk fondasi pendidikan yang mengintegrasikan aspek intelektual, moral, dan spiritual. Hasil analisis menunjukkan bahwa paradigma pendidikan dalam Islam tidak sekadar menekankan pada pengembangan intelektual semata, tetapi juga menekankan pentingnya pembentukan karakter yang berbasis pada kesadaran akan keberadaan Allah SWT dan tanggung jawab manusia sebagai pemimpin di bumi. Dengan begitu, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami bagaimana pendidikan dalam Islam harus dirancang untuk menciptakan individu yang seimbang secara intelektual dan moral, yang mampu menghadapi tantangan zaman modern tanpa kehilangan jati diri sebagai Muslim.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Askhari, Syaiful. “Nilai-nilai Pendidikan dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dan Relevansinya terhadap Pembelajaran.” IAIN Curup, 2019.

Farihin, Ahmad. “BAB 2 KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL.” Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital 17 (2023).

Hidayat, Syamsul, dan S H I Muthoifin. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berkemajuan Dalam QS Al-Alaq Ayat 1-5 (Kajian Tafsir Tarbawi Perspektif Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Misbah).” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2023.

Minarti, Sri. Ilmu Pendidikan Islam: Fakta teoretis-filosofis dan aplikatif-normatif. Amzah, 2022.

Nuriy, Arrumaisha Fasya, Deshi Karunia Hajarwati, Desra Reifka Rhaudia, Elisya Laesya Tasya, Erna Widyastuti, dan Rizki Amrillah. “Pentingnya Menuntut Ilmu: Perspektif Islam dan Dampaknya pada Karakter Pembentukan Individu.” Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah 31, no. 01 (2024): 87–101.

Qowim, Agus Nur. “Metode pendidikan islam perspektif al-qur’an.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 35–58.

Rukmana, Aan. BERISLAM SECARA KÂFFAH. Vol. 1. Jejak Pustaka, n.d.

Samad, Sri Astuti A. “Diskursus hakikat kurikulum pendidikan Islam.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 2 (2021): 97–108.

Setiawan, Dede, M Alwi Af, Fahmi Muhamad Aziz, Abdul Fajar, dan Yurna Yurna. “Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat.” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1, no. 4 (2023): 52–63.

Tumanggor, Syahwan, Hasan Bakti, dan Mohammad Al Farabi. “Islamic Worldview Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implikasinya Terhadap Paradigma Pendidikan Islam.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 01 (2024).

Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. Pendidikan Islam anak usia dini: pendidikan Islam dalam menyikapi kontroversi belajar membaca pada anak usia dini. Sanabil, 2020.

Zed, Mestika. Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-27

Cara Mengutip

Fathonah, I. (2024). PARADIGMA PENDIDIKAN DALAM ISLAM : Studi Surat Al-Alaq ayat 1 – 5. Al-Fath, 18(1), 20–41. https://doi.org/10.32678/alfath.v18i1.11071

Terbitan

Bagian

Articles