Resepsi Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Seni Kaligrafi Di Mushola Al-Muttaqin, Kampung Cidunak, Kota Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.32678/alfath.v17i1.9567Kata Kunci:
Resepsi, Al-Qur'an, Seni Kaligrafi, Ekspresi IslamAbstrak
Kaligrafi merupakan salah satu ekspresi Islam yang mendapat perhatian luar biasa dari umat Islam. Pada hakikatnya, kaligrafi adalah hasil karya komposisi indah (khat) yang diambil dari Al-Qur'an dan diberi nama (di mana muncul) Makki, Madani, Anbari, dan Baghdadi. Dalam jangka panjang, beberapa nama (khat) bermunculan, seperti khat Khufi, mutsallat, mudawwar, dan lain-lain. Seni kaligrafi memainkan peran yang sangat besar dalam peningkatan kemajuan Islam di muka bumi. Dampak perluasan kekuasaan Islam, perluasan kekuasaan Badui, tugas para penguasa, dan masyarakat kelas dunia memberi inspirasi dan bekerja dengan peningkatan kekhususan kaligrafi dan mempengaruhi perputaran logika peristiwa, khususnya pada masa Abbasiyah. Setelah masa Daulah Abbasiyah, kaligrafi benar-benar ada dan tercipta. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memahami bagaimana ayat-ayat Al-Quran dipahami dan diterapkan dalam bidang kaligrafi, serta bagaimana kerajinan kaligrafi diperoleh oleh orang-orang yang mengunjungi ruang permintaan. Strategi eksplorasi yang digunakan dapat mencakup persepsi, pertemuan, dan pemeriksaan teks. Hasil dari pemeriksaan tersebut dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara bait-bait Alquran dengan keistimewaan kaligrafi, serta memberikan data tentang bagaimana kerajinan kaligrafi dipersepsikan oleh individu yang mengunjungi ruang permintaan.
Unduhan
Referensi
Agama RI, Departemen. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 1. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
———. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 2. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
———. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 3. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
———. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 5. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
———. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 6. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
———. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 7. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
———. “Tafsir Tahlili: Al-Qur’an Dan Tafsirnya (Edisi Yang Disempurnakan).” Jilid 10. Jakarta: Widya Cahya, 2011.
A.R., Sirojuddin. “Peta Perkembangan Kaligrafi Islam Di Indonesia.” Jurnal/Buletin Al-Turas XX/20, no. 1 (January 2014).
Atikah Proverawati, Munasib, Rifki Ahda Sumantri, dan. “Implementasi Seni Kaligrafi Khat Tsuluts Pada Masjid Al-Khikmah.” Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman 2, no. 2 (September 8, 2022).
Fadha’ili, Habibullah. “Atlas Al-Khaht Wa al-Khuthuth.” Cetakan Ke-1. Damaskus: Dâr ath-Thalâs, 1933.
Felix, John. “Sejarah Seni Rupa Eropa.” Binus Journal Publishing Humaniora 3, no. 9 (October 31, 2012).
Harun, Makmur Haji. “Eksistensi Seni Kaligrafi Islam Dalam Dakwah: Tantangan, Peluang Dan Harapan.” Jurnal Jurusan Bahasa dan Kesusasteraan Bahasa Melayu, Fakulti Bahasa dan Komunikasi, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) 9, no. 35 (Oktober 2015).
Khotimah, Muti Husnul. “Sejarah Seni Kaligrafi Dalam Islam Dan Perkembangannya Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi, Syariah, dan Studi Islam (EKSHIS): Yayasan Haiah Nusratul Islam, UIN Medan Sumatera Utara 1, no. 2 (Oktober 2023).
Maman Abdul Jalil, Eko Prasetyo dan. “Studi Komparatif Khat Naskhi Abdurraziq Muhammad Salim Dan Mahdi Sayyid Mahmud.” Hijai: Journal on Arabic Language and Literature 2, no. 2 (July 2019).
Masbukin, Ahmad Ghozali Syafi’i. “Kaligrafi Dan Peradaban Islam Sejarah Dan Pengaruhnya Bagi Kebudayaan Islam Di Nusantara.” Nusantara: Journal for Southeast Asian Islamic Studies 17, no. 2 (Desember 2021).
M.C., Anas. “Aplikasi Metode Abajadun Dan Tahsinul Kitabah Dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab: Studi Kasus Di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an PP. Mambaul Maarif Denanyar Jombang.” Jurnal IAI Tribakti Prosiding dan Seminar Nasional 1, no. 1 (2022).
Muhammad Deddy Huzairin, Noor Hasnawati dan. “Galeri Seni Kaligrafi Islam Di Martapura.” Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Lanting 9, no. 1 (February 2020).
Rafles, Muhammad. “Perkembangan Seni Kaligrafi Di Indonesia (Studi Analisis Kitab Naṣhāih Al-Khaṭṭāṭīn Karya Didin Sirājuddīn).” Riau: UIN Sultan Syarif Kasim, 2017. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20581.
Safadi, Y.H. “Islamic Calligraphy.” London: Shambala: Thames and Hudson Limited, 1979.
Sanjaya, Mario Bagus. “Sejarah Ilmu Kaligrafi Dalam Islam Dan Perkembangannya.” Jurnal Sejarah, Pemikiran dan Tasawuf (SHAF): Yayasan Haiah Nusratul Islam, UIN Medan Sumatera Utara 1, no. 1 (September 2023).
Siti Latifatul Maulidiah, Hilyah Ashoumi, Muhamad Masyhuri Malik. “Implikasi Intrakurikuler Kaligrafi Dalam Pelestarian Seni Budaya Islam Di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Karangploso Malang.” Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan: Lisan Al-Hal, LP2M Universitas Ibrahimy 16, no. 2 (December 29, 2022).
Zuhdiyah, Nisa Azzah. “Cabang–Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khatil Qur’an Dan Jenis Khat Yang Digunakan.” ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 1 (January 2023).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sultan Karim, Ahmad Anshori Lubis, Ade Fakih Kurniawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice

Al-Fath: http://jurnal.uinbanten.ac.id/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
An author who publishes in Al-Fath agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.








