PERAN, TUGAS DAN FUNGSI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN

Studi Al–Qur’an Surat At–Tahrim Ayat 6 dan Luqman Ayat 13

Penulis

  • fitriyani nurfitroh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32678/alfath.v18i1.10489

Kata Kunci:

Peran Orang Tua, Pendidikan Anak, Al-Qur'an

Abstrak

Peran penting orang tua ketika mendidik anak lahir dan batin. Dalam konteks Islam, Al-Quran memberikan petunjuk yang jelas tentang tugas dan fungsi orang tua dalam pendidikan anak-anaknya. Kedua ayat tersebut, At-Tahrim ayat 6 dan Luqman ayat 13, menekankan peran, tanggung jawab dan fungsi orang tua dalam membimbing anak-anaknya. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep ini dan relevansinya dengan pendidikan modern dari perspektif Al-Quran. Melalui analisis kedua ayat tersebut, artikel ini mengeksplorasi peran orang tua sebagai pembimbing spiritual, tanggung jawab mereka terhadap pendidikan agama, moral dan jasmani anak-anak mereka, serta sebagai teladan, pendukung dan pembimbing. Artikel ini juga menyoroti relevansi konsep-konsep ini dalam konteks pendidikan inklusif dan kolaborasi orang tua-sekolah. Oleh karena itu, artikel ini mengupas tentang pentingnya peran orang tua dalam melahirkan generasi berkualitas berdasarkan ajaran Al-Quran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Jumbulati, Ali. “Abul Futuh at-Tuwaanisi, 2002.” Perbandingan Pendidikan Islam, n.d.

Hermawan, Asep. “Konsep belajar dan pembelajaran menurut al-ghazali.” Qathrunâ 1, no. 01 (2014): 84–98.

Husni, Muhammad. Studi Pengantar Pendidikan Agama Islam. ISI Padangpanjang, 2016.

Idi, Abdullah. “Etika pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat,” 2015.

Lestari, Leni. “Pembentukan Akhlakul Karimah Dalam Buku Pendidikan Karakter Islam Karya Dr. Marzuki, M. Ag.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2021.

Makmudi, Makmudi, Ahmad Tafsir, Ending Bahruddin, dan Akhmad Alim. “Urgensi pendidikan akhlak dalam Pandangan Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019): 17–37.

Nasution, Sorimuda. “Metode Research (penelitian ilmiah),” 2009.

Pahleviannur, Muhammad Rizal, Anita De Grave, Dani Nur Saputra, Dedi Mardianto, Lis Hafrida, Vidriana Oktoviana Bano, Eko Edy Susanto, Ardhana Januar Mahardhani, Mochamad Doddy Syahirul Alam, dan Mutia Lisya. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka, 2022.

Puspytasari, Heppy Hyma. “Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 1–10.

Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi agama. Mizan Publishing, 2021.

Riduwan, M B A. “Skala pengukuran variabel-variabel penelitian,” 2022.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara, 2009.

Saputra, Andi Muh Akbar, Muh Risal Tawil, Hartutik Hartutik, Ranti Nazmi, Erniwati La Abute, Liza Husnita, Nurbayani Nurbayani, Sarbaitinil Sarbaitinil, dan Farid Haluti. Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Sholihah, Abdah Munfaridatus, dan Windy Zakiya Maulida. “Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 1 (2020): 49–58.

Syarbini, Amirulloh. Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo, 2014.

Zed, Mestika. Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

nurfitroh, fitriyani. (2024). PERAN, TUGAS DAN FUNGSI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN: Studi Al–Qur’an Surat At–Tahrim Ayat 6 dan Luqman Ayat 13. Al-Fath, 18(1), 1–19. https://doi.org/10.32678/alfath.v18i1.10489

Terbitan

Bagian

Articles