TITIK TEMU SUNNI – SYIAH
Studi Pendekatan Komparatif dalam Pemahaman Islam Mazhab Sunni Syiah
Keywords:
Titik temu, Sunni, Syi’ah, pendekatan komparatif, Pemahaman, IslamAbstract
Perbedaan pendapat yang terjadi dikalangan umat Islam, khususnya yang terjadi di kalangan Sunni dan syiah sebenarnya disebabkan oleh perbedaan metodologi dari imam-imam mazhab. Perbedaan dalam memahami sumber-sumber hukum Islam sudah terjadi sejak lama dan menjadi khazanah tersendiri bagi pembentukan sikap toleransi bagi para mujtahid. Dalam konteks Sunni dan Syiah para ulama mazhab merupakan mata rantai hubungan guru dan murid sebagaimana Imam Hanafi dan Imam Malik berguru pada Imam Ja’far Shadiq. Kedua aliran Islam ini sepakat menggunakan sumber hukum pokok yang menjadi dasar utama dalam Islam. Perbedaan antara kedua aliran tersebut hanya pada persoalan penafsiran dari para imam-imam yang menjadi rujukan dari kedua madzhab ini. Para imam berbeda pendapat dalam masalah-masalah bagaimana mengamalkan ajaran dari sumber pokok Islam dalam persoalan yang bersifat cabang agama (furu’iyah). Faktor penyebab perbedaan paham tersebut adalah dikarenakan kesukaran memahami ayat-ayat Quran, persoalan hidup yang selalu tumbuh dalam berbagai bentuk menurut tempat, masa dan cara berpikir manusia, perbedaan penangkapan terhadap apa yang didengar dari hadits-hadits Rasululloh Usaha untuk menemukan titik temu diantara sunni dan syiah sudah terjalin lama antara para ulama imam mazhab Sunni dan syiah. Hal ini sebagaimana yang dilakukan antara Imam Ja’far Shadiq dengan Imam Hanafi, Imam Malik dan pola hubungan antara murid-murid dari para Imam tersebut. Dalam konteks modern, usaha mempertemukan kedua mazhab Sunni dan syiah juga digagas oleh ulama mesir dan beberapa ulama Islam lainya sebagaimana pembentukan “Darut Taqrib bainal Mazahibil Islamiyah” dan pembuatan majalah “Risaltul Islam”. Dengan tujuan menjalin hubungan dan menyebargan gagasan tentang yang harmonis antar ulama di dunia Islam.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



