Author Guidelines

 

JUDUL DITULIS SINGKAT, INFORMATIF, TIDAK LEBIH DARI 18 KATA, UKURAN HURUF 14, BOLD, TIMES NEW ROMAN, JUDUL DITULIS DALAM BAHASA  INDONESIA

Nama Penulis Pertama1, Nama Penulis Kedua2 (Nama Depan, Tengah, dan Belakang) Ditulis Lengkap, Tidak Disingkat, Ditulis Berawalan Huruf Kapital, Bold, Font 12, Tanpa Gelar

Nama institusi, Afiliasi Alamat Lengkap, Korespondensi Author

Abstract. The abstract is short, about 200-250 words, written with the size of 12. The abstract  should be informative and briefly described the research background (review), research  purposes, research method, main results, and main conclusion. The abstract is often presented separately from the complete script, so it must be able to stand on itself. The library is not allowed to be listed in the abstract, but if it is important then the citation refers only to the name of the first author and the year. The abstract is written in Indonesian and English.

Keywords: keyword 1, keyword 2, keyword 3, keyword 4, keyword 5 [3-5 words]

Abstrak. Abstrak ditulis singkat, sekitar 200-250 kata, ukuran huruf 12. Abstrak harus informatif dan dijelaskan secara singkat latar belakang penelitian (ulasan), tujuan penelitian, metode penelitian/penulisan, hasil utama, dan kesimpulan utama. Abstrak sering disajikan secara terpisah dari naskah lengkap, sehingga harus dapat berdiri sendiri. Pustaka tidak diperbolehkan dicantumkan dalam abstrak, tetapi jika penting maka pengutipan hanya merujuk pada nama penulis pertama dan tahun. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Kata kunci: kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3, kata kunci 4, kata kunci 5 [3-5 kata]

PENDAHULUAN  

Pendahuluan ditulis sekitar 400-600 kata, meliputi latar belakang dan tujuan penelitian, agar dihindari survei literatur atau referensi yang terlalu rinci atau ringkasan hasil dari penelitian sebelumnya. Tujuan penelitian ditunjukkan pada paragraf terakhir. Pustaka dalam naskah ditulis dalam sistem “nama tahun” (dipisahkan oleh koma), referensi ditulis dengan pola Mendeley, diatur dari yang terlama ke terbaru, lalu dari A ke Z. Dalam mengutip sebuah artikel yang ditulis  oleh dua penulis, nama akhir keduanya (atau keluarga) harus dicantumkan, namun untuk tiga atau lebih penulis maka hanya nama akhir (atau keluarga) penulis pertama yang disebutkan selanjutnya diikuti dengan “et al.” (ditulis miring). Kutipan harus merujuk pada referensi primer, kutipan bertingkat seperti yang ditunjukkan dengan kata “cit” atau “dalam” tidak diperbolehkan. Dari Bab Pendahuluan hingga Daftar Pustaka ditulis dengan ukuran huruf 12, spasi 1.15 dan menggunakan font Times New Roman.

METODE

Pada naskah berupa penelitian dan literature dapat dituliskan “Metode” tanpa menyebutkan “Metodologi Penelitian”. Pada bab ini ditekankan pada lokasi penelitian, prosedur/cara kerja, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data yang digunakan (jika berupa hasil penelitian). Instrumen tertentu yang penting cukup disebutkan dalam cara kerja. 

Pada bab ini dapat ditulis dalam beberapa sub-bab, seperti: Lokasi penelitian,  prosedur/cara kerja, teknik pengumpulan data, dan analisis data. Pada setiap judul sub-bab harus ditulis rata kiri (justify), huruf pertama setiap kata ditulis kapital (kecuali kata depan/kata  sambung), dan dicetak tebal (bold). Adapun jika terdapat judul sub-sub-bab, huruf kapital hanya ditulis pada huruf pertama dari kata pertama, rata kiri (justify), dan ditulis miring (italic).

Lokasi Penelitian

Dituliskan lokasi tempat penelitian, lengkap dengan nama instansi dan alamat instansi  tempat pengambilan data penelitian. Apabila penelitian dilakukan pada masyarakat, dicantumkan peta lokasi penelitian.

Prosedur

Dicantumkan tahapan-tahapan penelitian, meliputi alat dan bahan (jika ada), populasi dan sampel (jika ada), rancangan percobaan (jika ada), dan cara kerja.

Teknik Pengumpulan data

Dicantumkan bagaimana teknik pengumpulan data yang dilaksanakan, contohnya teknik  pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi (bagi yang menggunakan prosedur Kualitatif).

Analisis Data

Dicantumkan jenis analisis data yang digunakan. Penggunaan software tertentu harus  dicantumkan secara lengkap beserta versinya.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Bab Hasil dan Pembahasan ini ditulis sebagai sebagai suatu rangkaian tanpa pemisahan  antara sub judul “Hasil” dan “Pembahasan”. Hasil harus jelas dan ringkas menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana hasil terjadi, tidak sekadar menjabarkan hasil dengan kata-kata. Pembahasan harus merujuk pada hasil-hasil penelitian yang terdahulu dan referensi terkait, tidak hanya opini penulis. Tidak ada Bab “Tinjauan Pustaka” dalam Jurnal ini. 

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis singkat dan ringkas, tidak lebih dari 350 kata, ditulis sesuai dengan  hasil penelitian yang diperoleh atau uraian gagasan pada BAB Hasil dan Pembahasan. Hasil kesimpulan harus berkesinambungan dengan isi abstrak yang dituliskan.

DAFTAR PUSTAKA

Anwar S, Tsauri S, Hakam KA, Asyafah A. 2017. Strategi pembelajaran dan pengajaran PAI di Universitas Pendidikan Indonesia. In: Syafe’i M, Syahidin, Abdussalam A, Fakhruddin A (eds). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Islam: Peran Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 8-9 Februari 2017.

Djmarah B, Syaiful AZ. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 

Kurnia M. 2013. Penggunaan Media Audio Visual (Film) Bersuara) terhadap Peningkatan  Motivasi Belajar Siswa-Siswi SDI Khalifah pada Mata Pelajaran Sejarah Islam. [Skripsi]. Banten: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Nurmansyah JK. 2015. Penggunaan media animasi dalam model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar IPA Terpadu. Primary 7(2): 157-268.

Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT  Kencana Prenadamedia Group.

Setiati PM. 2011. Pandangan Islam terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.  http://www.slbn-sragen.sch.id/2011/05/30/pandangan-islam-terhadap-peserta-didik- berkebutuhan-khusus/. [Diakses: 8 Oktober 2018].