Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek Studi Kasus Wardah Beauty Cosmetics
DOI:
https://doi.org/10.32678/tsarwah.v5i01.6767Keywords:
Wardah, Kepercayaan Merek (Brand Trust), Loyalitas MerekAbstract
Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, terlebih kebutuhan akan tampil menarik dengan menggunakan berbagai varian produk kecantikan. Kebanyakan wanita Indonesia menempatkan produk kecantikan sebagai kebutuhan yang kedua untuk harus dipenuhinya. Menyadari fenomena persaingan diantara para produsen kosmetika menuntut para produsen berlomba-lomba dalam meraih kepercayaan pelanggan. Wardah merupakan salah satu pemain pasar kecantikan Indonesia yang sudah hadir puluhan tahun dengan membawa brand kecantikan Islami Wardah ingin menjadi produk andalan yang dipilih banyak wanita di Indonesia khususnya Muslimah. Untuk memperoleh loyalitas dalam pasar saat ini, pemasar harus memfokuskan pada pembentukan dan pemeliharaan kepercayaan dalam hubungan pelanggan dengan merek.
Menurut Lau dan Lee, karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik hubungan pelanggan dengan merek merupakan prediktor penting kepercayaan pelanggan pada merek, yang pada akhirnya akan mengarah pada loyalitas pelanggan pada merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan merek yang terdiri dari variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik hubungan merek dan konsumen dengan kepercayaan merk yang berpengaruh pada loyalitas merek Wardah Beauty Cosmetics.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Brand Characteristics, Company Characteristics, dan Consumer-Brand Characteristics secara bersama-sama terhadap Trust in Brand. Adapun variable yang memiliki pengaruh terbesar terhadap Trust in Brand yaitu variable Brand Characteristics sebesar 53,1%. Sedangkan pengaruh Trust in Brand terhadap Brand Loyalty hanya sebesar 28,7%.
























