Efektivitas Strategi Digital Marketing Dalam Fundraising Zakat
DOI:
https://doi.org/10.32678/tsarwah.v10i1.12474Keywords:
Strategi, Digital Marketing, Fundraising, ZakatAbstract
Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar ke empat dunia memiliki potensi besar dalam penghimpunan zakat. Perkembangan teknologi yang pesat telah mendorong digitalisasi di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pengelolaan zakat. Perubahan perilaku muzaki (pembayar zakat) dari transaksi berbasis tunai ke transaksi digital menjadi peluang strategis bagi lembaga pengelola zakat untuk berinovasi dalam strategi pengumpulan dana. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Banten dalam meningkatkan pengumpulan zakat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa berbagai strategi digital seperti penggunaan situs web resmi, media sosial, kolaborasi dengan influencer, serta layanan berbasis WhatsApp terbukti efektif dalam menarik minat muzaki, khususnya dari kalangan generasi muda. Pada tahun 2024, 86,6% transaksi zakat di Provinsi Banten dilakukan secara digital, menandakan tren adopsi digital yang kuat. Faktor-faktor pendukung utama antara lain transformasi digital yang berkelanjutan, penggunaan konten yang kreatif dan menarik, serta transparansi dalam pengelolaan dana. Namun, terdapat pula sejumlah tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya manusia, anggaran promosi yang terbatas, literasi digital yang belum merata, serta infrastruktur teknologi yang masih perlu ditingkatkan. Kajian ini menunjukkan bahwa untuk mengoptimalkan potensi pengumpulan zakat di era digital, integrasi yang sinergis antara strategi digital dan konvensional harus terus dikembangkan dan ditingkatkan oleh BAZNAS dan para pemangku kepentingan di Provinsi Banten.
Downloads
References
Aji, M. C. S., & Ridlwan, A. A. (2022). Analisis Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana ZIS di Lembaga Dompet Al-Qurâ€TMan Indonesia. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 4(2). https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i2.3756
baznasbanten.go.id. (2024.). baznasbanten.go.id.
Dewi, D. M., Setiadi, Y., Ikhwanuddin, M., & Fadhilah, L. A. (2022). Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kelompok Ketimpangan Pendapatan Daerah. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 22(2), 221–242. https://doi.org/10.21002/jepi.2022.13
Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital. UB Press.
Iqbal, M. (2019). Hukum Zakat Dalam Perspektif Hukum Nasional. Jurnal Asy-Syukriyyah, 20(1), 26–51. https://doi.org/10.36769/asy.v20i1.43
Izzati, S., & Fasa, M. I. (2025). Memaksimalkan Dampak: Peran Strategis Influencer Marketing Dalam Lanskap Pemasaran Digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 3(4).
M. Mukhsin, L. P. (2024). Analisis Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam Fundraising Ziswaf (Zakat, Infaq, Sedekah, Dan Wakaf) Di Laznas Pppa Daarul Qur’an. 11(11).
Maisiyah, & Rahman, M. (2022). Peran Digital Marketing dan Digital Fundraising dalam Peningkatan Minat Masyarakat Membayar Zakat, Infak, dan Sedekah di Baznas Kabupaten Sumenep. Alkasab: Journal of Islamic Economis, 1(1), 54–69. https://jurnal.instika.ac.id/index.php/alkasb
Muhammad Fathoni Yasin, & Saputra, E. (2023). Strategi Penerapan Digital Marketing Pada Lembaga Amil Zakat (Laz) Zakat Sukses. At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 15(1), 109–128. https://doi.org/10.47498/tasyri.v15i1.1721
Nasution, J. (2022). Strategi Digital Fundraising Zakat di Indonesia. Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 10(November), 143–154.
Niken, F. (2023). Strategi Pemberdayaan Muzakki dalam Penghimpunan Dana Zakat Melalui Platform Media Digital (Studi Kasus di BAZNAS Provinsi Banten). 1–23.
Nugroho, A., Ahmad, A., & Wijoyo, W. (2021). Analisis Strategi Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi pada LAZ BaitulMaalKu Kabupaten Karawang. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(01), 77–85. https://doi.org/10.37366/jespb.v6i01.179
Puskas BAZNAS. (2019). Buku Konsep Indeks Literasi Zakat - puskasbaznas.
Rahmawati, A. N., & Yuniarto, A. S. (2023). Analisis Strategi Digital Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Studi pada Lazismu Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).
Ramadhan, N. H., Hakim, R., & Muslikhati, M. (2021). Strategi Fundraising Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah Kota Batu. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(01), 63–72. https://doi.org/10.35905/balanca.v3i01.2133
Riyaldi, M. H. (2017). Kedudukan Dan Prinsip Pembagian Zakat Dalam Mengatasi Permasalahan Kemiskinan (Analisis Pandangan Yusuf Qardhawi). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.24815/jped.v3i1.6989
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
























