Inovasi Digital Smart School pada PT BPRS Mu’amalah Cilegon
DOI:
https://doi.org/10.32678/tsarwah.v10i1.12472Keywords:
Transformasi Digital, Keuangan Syariah, Smart SchoolAbstract
Transformasi digital dalam industri keuangan syariah menjadi kebutuhan strategis di tengah perubahan lanskap ekonomi digital dan meningkatnya ekspektasi masyarakat terhadap layanan keuangan yang cepat, efisien, dan sesuai prinsip syariah. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi transformasi digital yang diterapkan oleh PT BPRS Mu’amalah Cilegon melalui pengembangan produk Smart School. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan pihak internal bank serta analisis dokumen sekunder. Hasil kajian menunjukkan bahwa Smart School telah menjadi inovasi layanan keuangan digital yang mengintegrasikan sistem pembayaran berbasis syariah ke dalam ekosistem pendidikan. Platform “MUDA Muamalah” memungkinkan transaksi cashless, pembayaran SPP, dan pelaporan keuangan sekolah secara real-time. Strategi transformasi digital BPRS Muamalah Cilegon tidak hanya mencakup pengembangan teknologi, tetapi juga pendekatan kolaboratif dengan sektor pendidikan untuk meningkatkan literasi keuangan dan inklusi layanan syariah. Meskipun membawa dampak positif terhadap efisiensi operasional dan daya saing, implementasi Smart School dihadapkan pada tantangan, baik internal seperti keterbatasan infrastruktur dan SDM IT, maupun eksternal seperti rendahnya literasi digital sekolah mitra. Kajian ini menunjukan pentingnya strategi digital yang komprehensif dan berlandaskan nilai-nilai syariah, termasuk aspek keadilan, transparansi, dan kemaslahatan umat. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model transformasi digital berbasis komunitas, yang potensial untuk direplikasi oleh BPRS lain dalam rangka memperluas jangkauan layanan keuangan syariah secara inklusif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Agung Basuki. (2021). Pembangunan Pendidikan di Provinsi Banten. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 3(1), 110.
Ahyani, E., & Dhuhani, E. M. (2024). Transformasi Digital dalam Manajemen Perkantoran Pendidikan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Visionary : Kajian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 205. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10785
BPRS Muamalah Cilegon. (2024). No Title. https://banksyariahmuamalah.co.id/
Haryanti, P., Sopingi, I., Roman, R. Y., & Nurhayati, D. (2023). Peningkatan Literasi Perbankan Syariah Berbasis Digital Platform Di SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(7), 2562–2568.
Imbayani, I. G. A., Sandika, I. G. T., & Situasi, A. (2024). Akselerasi Transformasi Digital Dengan Penerapan Mini Atm On Electronic Data Capture ( Edc ) Pada Pt. Bpr Partakencana Tohpati Denpasar. 3, 93–100.
Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 129–141.
Nurfalah, I., & Rusydiana, A. S. (2019). Digitalisasi Keuangan Syariah Menuju Keuangan Inklusif: Kerangka Maqashid Syariah. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 11(1), 55. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i1.1205
Nurzianti, R. (2021). Revolusi Lembaga Keuangan Syariah Dalam Teknologi Dan Kolaborasi Fintech. Jurnal Inovasi Kajian, 2(1), 37.
Oktaviani, E., Asrinur, A., Prakoso, A. W. I., & Madiistriyatno, H. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi Manajemen. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 16–26.
Panggabean, A. N. (2021). Memahami dan mengelola transformasi digital.
Rasyad, F. H. S., Kurnia, R., Febriani, Y., & Putra, R. Y. (2022). Akselerasi Transformasi Digital Pt Bpr Andalas Baruh Bukit: Peluang, Tantangan Dan Strategi. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 7(2), 60. https://doi.org/10.15548/maqdis.v7i2.270
Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2025). Peran Online Customer Experience Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction Dan Repurchase Intention Pada Platform Digital. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 29–42.
Savitri, M. A., & Sudarwanto, T. (2020). Analisis Penerapan Prinsip Syari’ah Terhadap Aplikasi Hasanah Card di BNI Syari’ah Kantor Cabang Surabaya. JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 1(1), 22–32.
Teguh, M. T. S., Wulan, T. N., & Juansah, D. E. (2023). Teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif pada metode kajian. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5962–5974.
Wahyuni, H., Barizi, A., Kawakip, A. N., Al Aluf, W., & Ardiansyah, I. (2024). Tantangan dan peluang pendidikan Islam di era digitalisasi dalam sudut pandang filsafat pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 206–217.
Wulandari, A. D., & Abdullah, A. (2025). Membangun Kepuasan Nasabah: Studi Pelayanan, Kepercayaan, dan Kenyamanan dalam Bank Syariah Digital dan Non-Digital. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Kajian Ekonomi Islam, 13(1), 42–61.
Wulandari, A., Munastiwi, E., & Dinana, A. (2022). Implementasi manajemen keuangan lembaga pendidikan pondok pesantren di masa pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IlmuSosial, 3(1), 106–118.
Yazid, A. A., Rofiq, A., & Ismail, M. (2022). Transformasi Digital Dan Industri Halal Pada UMKM Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Istiqro, 8(2), 215–224.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Sheva Devany, Ahda Inayati Mabruroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
























