Penguatan UMKM Upaya Peningkatan Industri Halal di Indonesia

Authors

  • Dian Febriyani UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Elsa Elsa
    sugiantoelsa@gmail.com
    UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ma'mun Nawawi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Abstract view: 385 times | PDF downloads: 278 times

Abstract

Indonesia Negara yang memiliki potensi yang sangat besar di industri halal dengan jumlah penduduk muslim terbanyak, serta di dukung oleh UMKM yang memiliki bagian penting dalam perekonomian Indonesia dengan jumlah penyerap tenaga kerja terbesar yaitu 99,9% dari total pelaku usaha di Indonesia.  Pontensi yang sudah dimiliki oleh Indonesia ini kalua tidak segera dimanfaatkan maka akan tertinggal oleh negara lain, karena perkembangan industri halal ini juga di ikuti oleh negara lain walupun negara tersebut mayoritas bukan muslim dan perkembangan industri halal ini terus meningkat dengan seiring meningkatnya permintaan terhadap produk-produk halal, yang menjadi gaya hidup. Sehingga sangat penting untuk memperkuat UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian, artikel yang membahas topik yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian dari berbagai potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk bisa menjadi pelaku pasar di industri halal dunia dibutuhkan dukungan dari UMKM yang berbasis syariah yang bisa berdaya saing global. UMKM yang bisa berdaya saing global dengan penguatan pada sertifikasi halal, sesuai dengan UUD No 33 Tahun 2014, penguatan di pemodalan dibutuhkanya kontribusi perbankan syariah serta penguatan pada pengembangan kualitas sumber daya manusia yaitu pelaku usaha agar selalu bisa berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan usaha dan perkembangan teknologi yang berkembang.  

Keywords:

UMKM, Industri Halal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Nasrullah. (2016). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.
Adha, M. A., Wahyudi, R., & Nahar, F. H. (2018). Pengaruh Program Loyalitas Terhadap Kesetiaan Konsumen pada Industri Halal di Yogyakarta. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(1), 69. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v1i1.287
Ari Anggarani Winadi, P. T., & Vita Intan, S. (2014). Penguatan Sektor UMKM Sebagai Strategi Menghadapi Mea 2015. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 5(1), 17895.
Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311
Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
Fasa, M. I., Febrianty, A., Khoerulloh, K., Arisa, A., Utami, W., Santoso, I. R., ... & Haerany, A. (2020). Eksistensi BISNIS ISLAMI di era revolusi industri 4.0. Penerbit Widina
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Istikomah. (2019). Peluang Dan Tantangan Implementasi UU JPH. At-Tasharruf; Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah, 1(1), 18–28. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Tasharruf/article/view/2486/1948
Karyani Etikah, Ira Geradina, M. G. H. (2021). Transformasi Digital Dan Industri Halal : Studi Kasus Pada Produsen Besar dan UMKM. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2).
Muklis, S. P. S. (2020). Tingkat Pemahaman Pelaku UMKM Terhadap Sertifikasi Halal Pada DOdol Di Desa Serdang Kulon Kabupaten Tanggerang Banten. 01(01), 21–31.
Muttaqin, H. M., Kosim, A. M., & Devi, A. (2020). Peranan Perbankan Syariah Dalam Mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dimasa Pandemi Covid-19. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 110–119. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.393
Nasution, L. Z. (2020). Penguatan Industri Halal bagi Daya Saing Wilayah : Tantangan dan Agenda Kebijakan. Journal of Regional Economics Indonesia, 1(2), 33–57.
Nurani, N., Nursjanti, F., & Munawar, F. (2020). Penyuluhan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Jawa Barat Pada Situasi Pandemi Covid-19. Madaniya, 1(3), 126–139. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/24
Nursela, Q. L. (2019). Peluang dan Tantangan Usaha Kecil Menengah Berbasis Syariah Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Kota Pekanbaru. I, 104–113.
Pujayanti, D. A. (2020). Industri Halal Sebagai Paradigma Bagi Sustainable Development Goals di Era Revolusi Industri 4.0. Youth & Islamic Economic Journal, 1(1), 1–14.
Putri, E. B. ., Mardhotillah, R. R., & Wulan, T. D. (2020). Pemanfaatan Web Seminar ( Webinar ) Sebagai Media Informasi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha. Prosiding SEMADIF, 1, 267–271.
Saputri, O. B. (2020). Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2), 23–38.
Sismanto. (2021). The Halal Industry in Jurisprudence Islamic Law Perspective. At Tawazun, 9(1), 34–40.
Waharini, F. M., & Purwantini, A. H. (2018). Model Pengembangan Industri Halal Food di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 1. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v9i1.1-13
Yuli Rahmini Suci. (2008). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) DI Indonesia. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Yuwanisya, E., Syariah, J. P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2020). Peran Bank Syariah Dalam Mendukung Pengembangan Industri Halal Melalui Halal Center Pada PT BPRS Buana Mitra Perwira Purbalingga.

Published

2022-06-30